Brilio.net - Selain fitur 'dislike' yang bisa digunakan oleh pengguna jejaring sosial raksasa, Facebook, untuk menyatakan empati ataupun ketidaksukaan terhadap sesuatu hal, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini sebenarnya sedang bersiap untuk meluncurkan fitur baru yang akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Pada Rabu, (30/9) waktu setempat, Facebook secara resmi mengunmumkan bahwa meeka akan menambahkan fitur baru dalam layanan mereka, dimana para pengguna Facebook bisa menggunakan video animasi GIF yang berdurasi maksimal tujuh detik sebagai profile video mereka.

Selama ini animasi GIF dari sebuah adegan film, video selebriti maupun video kehidupan nyata yang unik dan lucu memang sudah sering dijadikan sebagai avatar dari profil pengguna pada forum-forum online, baik lokal maupun internasional.

Tapi bukan berarti hal ini lantas menjadi inspirasi utama Facebook menyediakan fitur unik. Tahukan kamu apa yang ada di pikiran Facebook ketika meluncurkan fitur ini? Yap, seperti dikutip brilio.net dari Tech Insider, Kamis (1/10), fitur profil video ini ternyata terinspirasi dari film harry Potter.

Fitur profil video Facebook terinspirasi film Harry Potter

Menurut Aigerim Shorman, Facebook Product Manager, fitur profil video awalnya muncul ketika salah satu engineer di Facebook berhasil meretas Facebook miliknya sendiri untuk mengubah profile picturenya menjadi sebuah video yang bergerak-gerak. Nah, hal ini lantas bikin para tim pengembangan Facebook merasa kagum dan pikiran mereka pun langsung tertuju pada film Harry Potter yang memang sangat fenomenal tersebut.

Loading...

Jika kamu belum pernah menonton film Harry Potter sebelumnya, baik di bioskop atau stasiun televisi, fitur Facebook video profil ini terinspirasi dari koran para penyihir, Daily Prophet, di mana foto setiap orang yang muncul dalam artikel bisa tampak hidup dan bergerak-gerak. Apalagi Apple, salah satu perusahaan IT terbesar di dunia baru saja merilis fitur Live Photos di iOS 9 yang memungkin pengguna membuat video animasi berformat GIF.

Fitur profil video Facebook terinspirasi film Harry Potter

Tapi yang perlu diketahui, fitur video profil ini sendiri tidak akan dirilis serentak, namun akan diluncurkan secara bertahap untuk seluruh kawasan di dunia. Dan untuk saat ini, fitur tersebut baru bisa dinikmati para pengguna iPhone di California dan Inggris saja. Sementara bagi pengguna Android serta para pengguna lain untuk kawasan selain disebutkan di atas, masih harus menunggu sedikit lebih lama.