Brilio.net - Makanan dan minuman bukan sekadar pengisi energi bagi manusia. Orang bisa saja memilih sebuah menu sebagai menu favoritnya sehingga dikonsumsi lebih sering ketimbang jenis makanan atau minuman tertentu lainnya.

Nah, bagi masyarakat Indonesia, ada beberapa makanan dan minuman yang sangat digemari dan dipercaya mendatangkan khasiat. Namun faktanya, makanan dan minuman tersebut justru bikin merinding lidah para bule.

Mau tahu apa saja jenis makanan tersebut? Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, lima jenis makanan dan minuman yang super yummi tapi dianggap aneh oleh bule.

1. Jeroan daging

Di sini jadi primadona, tapi bagi bule makanan & minuman ini 'sampah'

Loading...

Jeroan daging sapi, kambing, atau ayam, seperti paru, usus, hati atau ampela, menjadi bahan makanan favorit di negara kita. Jeroan ini diolah dengan cara dari digoreng sampai dipepes. Namun ternyata, bule justru menganggap jeroan itu sampah. Bule lebih memilih bagian hewan yang kaya daging, misalnya dada pada daging ayam. Nah, jeroannya itu justru "dilempar" ke negara lain. Indonesia juga mengimpor jeroan daging dari luar negeri, lho. Hal ini menyentil Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman, untuk segera menutup impor, akibat impor jeroan ini dianggap meremehkan bangsa kita. Habisnya, di luar negeri jeroan dijadikan makanan anjing.

2. Ceker ayam

Di sini jadi primadona, tapi bagi bule makanan & minuman ini 'sampah'

Tak ubahnya jeroan daging, ceker ayam juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Ceker ayam bisa diolah jadi sup sampai digoreng untuk lauk. Pasalnya, ceker ayam dipercaya mengandung kartilago yang berguna untuk mengatasi sakit yang disebabkan oleh arthritis atau sakit terkait persendian manusia. Tapi kalau mengingat bagian tubuh ayam ini sering bersentuhan dengan tanah atau lahan kotor, jadinya bule iuh banget.

3. Buah durian

Di sini jadi primadona, tapi bagi bule makanan & minuman ini 'sampah'

Kamu pernah menonton film Eat, Pray, Love? Di situ, tokoh Felipe -lawan main Liz Gilbert (Julia Roberts)- mengatakan durian itu, "... that taste like dirty feet." Durian memang memiliki bau yang menyengat, dan bule tak suka makanan beraroma kuat seperti itu.

4. Sambal

Di sini jadi primadona, tapi bagi bule makanan & minuman ini 'sampah'

Siapa yang tak doyan sambal? Negara kita memiliki berbagai macam sambal, dari sambal kecap sampai sambal terasi. Komplit! Nah, tapi para bule juga tak terlalu suka dengan makanan bercita rasa super pedas. Apalagi kalau sambalnya sambal terasi. Terasi kan, aromanya "busuk" banget. Tapi bagi kamu pecinta sambal terasi? Surga banget!

5. Jamu tradisional

Di sini jadi primadona, tapi bagi bule makanan & minuman ini 'sampah'

Orang bule dikenal ilmiah, setidaknya mereka mempercayakan apa yang terjadi dan mereka konsumsi adalah hasil uji klinis. Kesadaran mereka terhadap kemajuan teknologi juga oke banget. Nah, mereka bisa dibilang kurang cocok dan merasa aneh saat dihadapkan dengan jamu tradisional. Kamu tahu sendiri, jamu tradisional itu dibuat dengan takaran 'insting', namun memang dipercaya sejak dulu kala memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Bahkan masih ada anggapan proses pembuatannya kurang higienis. Bule akan menimbang ulang untuk mengonsumsi jamu tradisional kalau begini. Belum lagi ada jamu yang rasanya super pahit dan diwadahi botol-botol bekas.

Bagaimana pendapatmu, guys? Adakah teman bule kamu yang justru menggilai makanan dan minuman di atas?