Brilio.net - Kamu sering lupa dalam mengingat sesuatu? Hal ini bisa bahaya banget apalagai kalau sampai lupa tanggal ulang tahun pacar. Kamu bisa kena marah tanpa ampun. Tidak mau kan gara-gara lupa, hubungan kamu menjadi kandas? Lebih baik kamu lakukan kegiatan ini agar ingatan kamu makin tajam.

Berikut ini adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dikutip dari menshealth.com, Sabtu, (4/4).

1. Mandi dengan mata terpejam

Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak

Sambil membersihkan tubuh kamu juga bisa meningkatkan memori otak kamu. Asalkan, mandinya dengan mata terpejam. Di bawah shower yang segar kamu bisa mempraktikan hal ini. Bayangkan saja kamu adalah bintang iklan sampo yang sedang akting di depan kamera dengan mata terpejam.

Loading...

Tips ini bukan asal-asalan. Berdasarkan sang juara Memory Championshiop di Amerika Serikat, Ron Putih menyatakan bahwa melakukan hal dengan menutup mata bisa memperbaiki fokus dan memori. Mudah bukan?

2. Dance ala Bruno Mars seperti di lagu Uptown Funk

Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak

Bagi yang mempunyai hobi nge-dance, kamu bisa memperagakan gerakan Bruno Mars untuk meningkatkan daya ingat. Tapi jangan sembarangan lagu ya, pilihlah lagu Uptwon Funk yang sedang hits di billboard. Jika belum tahu gerakannya seperti apa, cobalah link di bawah ini.

Berdasarkan penelitian, menari bisa meningkatkan gerakan syaraf otak. Gerakan ini juga bisa membantu sirkulasi darah dan oksigen dari jantung menuju otak.

3. Bertingkah seperti orang kidal

Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak

Jika kamu terbiasa menggunakan tangan kanan dalam semua aktivitas, cobalah menggunakan tangan kiri. Cobalah dalam kegiatan yang mudah seperti menyikat gigi atau makan dengan tangan kiri.

Berdasarkan profesor ahli beda syaraf, Allen Sills mengatakan bahwa melakukan tugas dengan menggunakan organ yang tidak dominan bisa mengaktifkan daerah baru di otak. Sehingga, memori atau daya ingat makin tinggi.

4. Bermain ping pong

Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak

Meningkatkan daya ingat ternyata bisa dilakukan dengan bermain ping pong atau tenis meja. Luangkanlah waktu weekend kamu untuk melakukan hal ini bersama teman kamu. Berdasarkan penuturan sang peneliti otak, Daniel Amen mengungkapkan bahwa ping pong bisa meningkatkan koordinasi tangan dan mata kamu. Selain itu juga mampu meningkatkan interaksi sosial dengan lawan main. Alhasil, ping pong mampu untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.

5. Shopping

Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak

Pasti seneng banget dong untuk melakukan hal ini. Jarang yang tahu bahwa shopping bisa meningkatkan daya otak. Berdasarkan ahli, kegiatan shopping bisa menstimulasi syaraf otak. Hal ini dikarenakan ketika kamu berbelanja kamu melakukan banyak hal dalam satu waktu. Seperti kamu berinteraksi dengan penjaga toko, menghitung harga dan diskon, kamu juga mengamati barang lain. Tapi inget kondisi dompet juga ya!