Brilio.net - Anggota tubuh yang kita miliki memang unik. Banyak dari kita yang tidak tahu bagaimana fungsi dan kegiatan yang dijalankan dari setiap organ manusia. Salah satunya adalah telinga.

Indra pendengeran ini sangat unik dalam memproses kotoran yang masuk ke dalam daun telinga. Jadi, jika telinga kamu sering kotor, lebih baik pahami dulu dari mana sumbernya.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (17/5), telinga mempunyai cara tersendiri dalam membersihkan kotoran. Dalam telinga ada sebuah cairan yang bertangung jawab untuk mengurus kotoran, namanya adalah cerumen. Cairan ini berfungsi untuk melindungi telinga dan juga sebagai anti bakteri.

Setelah cerumen melakukan pembersihan kotoran, maka kotoran tersebut akan keluar dengan sendirinya dari telinga. Pergerakan kotoran telinga ini dipengaruhi oleh aktivitas rahang saat kamu mengunyah atau menelan. Gerakan rahang itulah yang mendorong kotoran telinga keluar. Unik banget kan?

Bentuk dari cerumen adalah cairan yang berbau tidak sedap serta lengket. Cerumen ini diproduksi oleh bagian sepertiga terluar dari lubang telinga. Selain membersihkan secara alami, cairan ini juga menjaga agar kamu tetap bisa mendengar. Setelah cairan ini bereaksi dengan kotoran, biasanya kotorang langsung mengering dengan bentuk serpihan. (Baca:Duh membersihkan telinga pakai cotton bud ternyata sangat berbahaya)