Brilio.net - Tidur bukan hanya untuk menghilangkan lelah dan meningkatkan suasana hati, tapi juga untuk memberikan waktu buat otot dan pikiran beristirahat. Meski begitu, nyatanya banyak juga yang doyan begadang semaleman. Nggak capek apa ya? Padahal menurut studi terbaru menemukan bahwa kehilangan satu malam untuk tidur dapat benar-benar merusak tubuh.

Dilansir brilio.net dari Cosmopolitan UK, Sabtu (15/8), peneliti Swedia menemukan bahwa satu malam tanpa tidur dapat mengubah gen yang sebenarnya mengendalikan sel-sel jam biologis tubuh. Perubahan jam biologis ini dapat mempengaruhi segala sesuatu di dalam tubuh, mulai dari nafsu makan hingga suhu tubuh.

Para ilmuwan meminta 15 pria dengan berat badan normal dan membiarkan mereka tidur di satu malam, kemudian membuat mereka terjaga pada malam yang lain. Mereka ditempatkan di dalam ruang laboratorium yang dilengkapi dengan tingkat pencahayaan, asupan makanan, dan pergerakan yang semuanya dimonitor. Bahkan ketika mereka terjaga, mereka masih harus bertahan di tempat tidur.

Setelah pengujian sampel jaringan dari tubuh para partisipan tersebut, para peneliti terkejut menemukan betapa cepat efek kurang tidur berdampak pada gen. "Itu hal yang menarik, bahwa metilasi gen bisa diubah begitu cepat dan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena jam metabolik," kata Dr Jonathan Cedernaes.

Para ilmuwan tidak yakin apakah tubuh dapat dengan mudah mengatur ulang perubahan yang terjadi dalam tubuh dengan "membayar" beberapa malam untuk tidur cukup. Dr Cedernaes mengatakan bahwa setidaknya beberapa jenis kurang tidur atau memperpanjang waktu untuk terjaga, seperti dalam kerja shift, dapat menyebabkan perubahan dalam multiorganisme jaringan yang dapat mempengaruhi metabolisme dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menurut para peneliti, apa pun alasannya, setiap orang berhak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan menjaga kualitas tidur agar kesehatan terjaga. Jadi, selamat tidur ya, kesehatanmu, lho!