Brilio.net - Setiap orang pernah mengalami muntah. Kamu juga, kan? Muntah bukanlah sebuah penyakit, walau memang kadang kala muntah jadi gejala sebuah penyakit. Muntah bisa jadi karena terlalu banyak minum alkohol. Bisa juga, muntah terjadi saat kamu dehidrasi, keracunan makanan, atau saat stres secara emosional. Pada ibu hamil trimester pertama, biasanya mengalami mual dan muntah.

Rasanya pasti nggak enak banget ya mengalami muntah? Setelahnya memang lega tapi mulut rasanya aneh. Nah, untuk mengatasinya ada beberapa bahan makanan dan minuman yang bisa menghalau rasa tak nyaman akibat muntah. Sebagaimana dilansir brilio.net dari HEALTH DIGEZT, Kamis (26/11), berikut bahan makanan dan minuman tersebut:

1. Minum cukup air

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: coloribus.com

Penyebab muntah bisa jadi karena dehidrasi. Minum air adalah cara termudah untuk mengatasi muntah karena mengembalikan keseimbangan cairan di dalam tubuhmu. Minum air juga bisa membuang racun yang ada dalam tubuh, yang terakumulasi dalam tubuh dan cenderung menyebabkan muntah.

Loading...

2. Minum air garam dan gula

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto:findhomeremedy.com

Larutan campuran garam dan gula dapat menyeimbangkan dehidrasi yang parah, sebagaimana ketika kamu mengalami diare. Minumlah campuran garam dan gula untuk mengembalikan ketidakseimbangan elektrolit tubuh dan meredakan muntah.

3. Minum wedang jahe

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: prevention.com

Minum wedang jahe efektif untuk mengatasi muntah. Membuat rasa hangat di dalam perutmu. Seduh jahe dengan ukuran 1"x1" (1 inchi x 1 inchi, atau sebesar 2,5 cm x 2,5 cm) dengan air panas di dalam cangkir. Tunggu setelah 10-15 menit, kemudian minum untuk meredakan rasa tak nyaman di perut akibat muntah.

4. Wedang cengkeh

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: all4women.co.za

Sama seperti jahe, wedang cengkeh bisa meredakan muntah. Seduh satu sendok teh bubuk cengkeh dengan air panas kemudian biarkan sedikit hangat selama 10 menit. Setelah itu minumlah.

5. Wedang kayu manis

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: herbalteasonline.com

Caranya sama seperti menyeduh wedang jahe maupun cengkeh, seduh bubuk kayu manis sebanyak setengah sendok teh ke dalam air hangat. Minumlah secara perlahan sampai sensasi tak enak akibat muntah menghilang.

6. Konsumsi jus bawang merah atau bawang bombai

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!

foto: weeklyhealthylife.com

Kandungan anti-mikrobial dan antioksidan dalam jus bawang merah atau bawang bombai adalah bahan ampuh untuk mengatasi muntah. Ambil beberapa bawang merah atau bawang bombai ukuran sedang dan hancurkan sampai membentuk jus kental. Makanlah satu sendok jus bawang merah tersebut. Kalau terlalu getir rasanya, kamu bisa mencampurkan satu sendok jus bawang merah ke dalam wedang jahe.

7. Mengunyah daun mint

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: wisegeek.com

Cara berikutnya untuk meredakan muntah adalah mengunyah daun mint. Daun minta mengandung bahan anti-mikrobial yang menyebabkan bakteri mengiritasi perutmu menjadi tak keruan.

8. Makan makanan renyah

Atasi muntah dengan 8 makan dan minum ini, manjur & nikmat!foto: westminstercrackers.com

Cara termudah lainnya mengatasi muntah adalah makan makanan yang renyah, bisa keripik, kerupuk, atau biskuit renyah gurih. Cara ini efektif bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Memakan camilan renyah dan gurih dapat menyuplai tubuhmu dengan energi yang dibutuhkan untuk pemulihan akibat muntah.

Jadi, sekarang kamu nggak perlu khawatir saat muntah. Selalu jaga kesehatanmu, ya.