Brilio.net - Salah satu mainan yang sempat populer di era tahun 90-an adalah Yoyo. Sebenarnya, mainan ini sudah diperkenalkan mulai tahun 1920. Biasanya, anak cowok yang sering memegang mainan ini. Kemudian mereka juga sering bersaing saat bermain. Tidak hanya menghibur atau sebagai mainan saja, Yoyo ternyata bermanfaat bagi otak sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Spinworkx, Minggu (2/8).

Memang agak susah-susah gampang untuk bermain Yoyo. Akan tetapi hal ini setimpal dengan manfaat yang didapat. Seorang psikolog klinis bernama Mat Saat Baki mengungkap bahwa Yoyo mampu mengoptimalkan kedua belahan otak baik otak kanan maupun kiri. Jadi, jangan anggap bahwa Yoyo hanya sebatas permainan.

Selain itu, bermain Yoyo ternyata efeknya hampir sama dengan aktivitas bermain catur. Hal ini terjadi karena membutuhkan konsentrasi ketika bermain Yoyo. Ditambah lagi, trik dalam permainan Yoyo juga bisa meningkatkan kemampuan logika. Bahkan, orang yang sering bermain Yoyo juga lebih terbuka dengan pengalaman baru.

Sang ahli juga mengungkap bahwa bermain Yoyo melibatkan empat aktivitas secara bersama-sama. Keempat aktivitas itu adalah konsentrasi, koordinasi tangan dan mata, kreativitas, dan ketangkasan tubuh. Bahkan sang ahli juga percaya bermain Yoyo mampu tingkatkan kemampuan akademik.

Loading...