Brilio.net - Sadar atau tidak kamu pasti sering melihat cowok yang memasukkan tangannya ke dalam saku celananya. Biasanya cowok melakukan ini saat presentasi atau berbicara di depan umum. Meskipun banyak juga yang mengantongi tangannya saat bersantai atau ngobrol. Ternyata kebiasaan bukanlah kebiasaan yang biasa, berdasarkan ilmu psikolog itu semua ada artinya.

Berikut adalah tiga penjelasan ilmiah tentang fenomena tersebut sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Men’s Health, Rabu (9/9).

1. Merasa aman dan nyaman

Berdasarkan salah satu penulis buku tentang body language, Vanessa Van Edwards menjelaskan bahwa kebiasaan ini membuat seorang cowok merasa aman dan nyaman. Mengantongi tangan ke dalam saku celana merupakan cara melindungi organ vitalnya sehingga membuat merasa aman secara psikologis.

2. Untuk meringankan saraf agar tidak tegang

Loading...

Mengantongi tangan ke dalam saku celana merupakan salah satu cara untuk refleksi agar saraf tidak tegang. Selain itu, mempunyai kebiasaan seperti ini ternyata mampu menjauhkan seorang cowok dari rasa cemas. Jadi wajar saja banyak cowok melakukan kebiasaan seperti ini saat berbicara di depan banyak orang.

3. Menunjukkan kekuasaan

Tidak hanya mengurangi rasa cemas, memasukkan tangan ke dalam saku celana menyimbolkan kekuasaan. Artinya, saat cowok tersebut melakukan hal ini dengan orang lain, dia posisinya lebih tinggi. Selain itu, hal ini juga menegaskan bahwa dia yang lebih berkuasa.

Apakah semua itu sesuai dengan pengalamanmu, boys?