Brilio.net - Selama ini kita sering mendengar bahwa kata-kata tidaklah seampuh tindakan. Bahkan orang lain akan lebih percaya dengan apa yang kita lakukan ketimbang apa yang kita ucapkan. Akan tetapi hal ini bisa jadi berubah 360 derajat. Sebuah penelitian dari University of Chicago menunjukkan bahwa kata-kata lebih ampuh dibandingkan dengan apa yang kamu kerjakan dalam hal persuasi.

Dikutip brilio.net dari Journal of Personality and Social Psychology, Rabu (1/7), dalam risetnya, Ayelet Fishbach dan Yanping Tu melakukan eksperimen terhadap kehidupan sehari-hari. Sebagai contohnya adalah belanja, memilih permen karet, menentukan design cangkir, dan selera dalam menonton video hewan di YouTube.

Dalam temuannya, Ayelet menyebutkan bahwa pendapat (omongan) seseorang dalam melakukan suatu hal ternyata lebih mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Akan tetapi, setiap orang tidak ingin melakukan sebuah hal dalam cara yang sama.

Sebagai contohnya adalah ketika seseorang menceritakan bagaimana dia makan oatmeal dalam sarapannya, maka lawan bicaranya lebih memilih makan menu lain. Hal ini karena mereka mempunyai cara yang sama dalam mengonsumsi oatmeal.

Hal ini akan berbeda jika seseorang menceritakan bahwa rasa oatmeal lebih enak dibandingkan dengan biskuit. Orang lain bisa terpengaruh dengan pendapat ini dan mempunyai pikiran yang bersama bahwa oatmeal memang lebih enak jika dibandingkan dengan biskuit.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang tidak terpengaruh dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Melainkan, mereka bisa terbius dengan pendapat orang lain saat melakukan sesuatu. Itulah kenapa kata-kata lebih ampuh dibandingkan dalam tindakan.

PERLU KAMU BACA:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

BACA JUGA:

Suara Naruto ternyata berasal dari perempuan

Pacar Barbie meninggal karena kanker

Ternyata aksara Jawa Hanacaraka adalah sebuah puisi

VIDEO: Pelukan seorang ibu menghidupkan anaknya kembali

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik

BERITA POPULER LAINNYA:

Pesta pernikahan pasangan ini dijaga Power Rangers, dari mana asalnya?

Mengintip pernikahan Andien, bikin iri maksimal pengen cepet kawin

7 Sifat generasi millenial ketika menanggapi pernikahan