Brilio.net - Apa yang kamu lakukan sebelum tidur? Pastinya sih buang air kecil, cuci muka, tangan dan kaki kan? Tak lupa kamu pasti mainan handphone dulu sebelum tidur. Nah, daripada mainan gadget yang jelas-jelas tidak baik buat matamu mending lakukan hal bermanfaat lainnya, salah satunya memijat kaki.

Ya, setelah seharian beraktivitas tentu kamu merasakan kakimu pegal-pegal kan? Nah, untuk mengurangi pegal tersebut tak ada salahnya kamu memijatnya 10 hingga 15 menit sebelum tidur.

Selain mengurangi pegal ternyata memijat kaki sebelum tidur juga punya banyak manfaat lainnya lho. Mau tahu? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang sudah brilio.net kumpulkan dari 3dfirstaid, Rabu (11/11):

1. Memperlancar sirkulasi darah

Memijat kaki bisa membantu darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Jika suplai darah terdistribusikan dengan lancar maka tubuh akan merasa lebih segar serta terhindar dari penyakit lain.

2. Bagus untuk kulit

Jika tubuh segar maka memijat kaki juga berarti bisa membuat kulit tetap sehat, mulus dan terhindar dari keriput. Selain itu rutin memijat kaki setiap hari akan membuat kulit tampak lebih muda.

3. Menyembuhkan kaki yang yang terkilir atau memar

Jika kakimu terkilir ada baiknya pijat secara pelan-pelan hingga rasa nyeri itu hilang. Namun jika nyeri tetap terasa ada baiknya segera bawa ke dokter karena bisa jadi itu merupakan patah tulang.

4. Mencegah penyakit anemia

Jika tubuhmu sering merasa lelah, kepala sakit dan lesu bisa berarti kamu mengidap anemia atau kekurangan darah merah. Cara gampang untuk mengobatinya adalah dengan memijat kaki untuk membantu memperlancar peredaran darah.

5. Memberikan rasa nyaman dan relaksasi bagi tubuh

Setelah memijat kaki selama 15 menit pasti akan memberi rasa nyaman di tubuh. Tubuh rasanya seperti segar kembali dan akan membuat tidurmu lebih nyenyak dari biasanya.

6. Memperkuat tulang kaki

Memijat kaki secara rutin bisa membuat tulang kuat terutama di bagian persendiannya. Jika tulang kuat maka kamu pun bisa sanggup berjalan kaki cukup jauh tanpa merasa kaki lelah.

7. Menyembuhkan kesemutan

Kesemutan merupakan gejala yang sering terjadi pada setiap orang. Entah terlalu berdiri atau jongkok. Jika sudah kesemutan, pijat dengan pelan-pelan kakimu hingga rasa nyeri itu hilang. Setelah itu basuh dengan air hangat.

8. Menyembuhkan berbagai penyakit

Percaya atau tidak jika hanya dengan memijat kaki saja bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini berkaitan dengan lancarnya peredaran darah. Berbagai penyakit yang bisa disembuhkan di antaranya adalah sakit kepala, stres, asma, sembelit, sinusitis dan migrain.

(brl/fen)

(brl/fen)