Brilio.net - Di tengah budaya anak muda sekarang yang hobi nongkrong tentunya juga menyuburkan bisnis kuliner. Salah satunya kedai kopi. Hanya dengan membeli segelas kopi para anak muda betah deh nongkrong berjam-jam sambil ngobrolin segala hal bareng temennya.

Nah salah satu kedai kopi yang cukup terkenal di dunia adalah Starbucks. Kedai kopi ini mempunyai cabang hampir di seluruh negara dunia, tak terkecuali Indonesia. Baristanya sendiri dipilih yang muda-muda supaya menarik pelanggan yang kebanyakan para remaja.

Meski begitu ada suatu rahasia dari para barista itu yang tak mungkin diomongkan langsung kepada pelanggan. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang sudah brilio.net kumpulkan dari cosmopolitan, Rabu (23/12):

1. Jangan tersinggung jika namamu tertulis salah

Dengan banyaknya pelanggan terkadang membuat bingung barista. Belum lagi kalau suaramu kecil, jangan salahkan kalau baristanya salah menuliskan namamu. Namun sebenarnya salah tulis itu juga merupakan trik marketing kok. (baca: Ini alasan kenapa barista Starbucks selalu salah tulis nama di gelasmu)

2. Meminta tambahan karamel itu membuat sebal

Tak ada yang salah memang minta tambahan karamel. Namun hal itu berubah menyebalkan jika kopi sudah dalam keadaan siap saji. Ini akan membuat barista harus kembali membuka penutup gelas. Dan itu membuat mereka kerja dua kali. Sementara antrean di belakang sudah semakin panjang.

3. Penyebutan jenis cups yang salah

Berhentilah menyebut jenis cups dengan kata kecil, sedang dan besar. Di Starbucks para barista hanya mengenal kata pendek, tinggi, grande dan venti.

4. Setiap barista pasti pernah melakukan kesalahan, maklumi

Barista bekerja dengan cara berdiri dan mondar mandir. Jadi maklumilah kalau mereka terkadang mereka melakukan kesalahan. Tak hanya itu saja, jangan menyuruh barista untuk membuat kopi dengan cepat. Mereka bukan robot.

APA LAGI RAHASIA YANG MEREKA SIMPAN? KLIK NEXT:

2 dari 2 halaman



5. Kami benci orang yang memesan double blended

Mungkin double blended terlihat sangat enak bagi beberapa orang. Namun patut kamu ketahui hal itu membuat para barista sebal, karena mereka dipaksa untuk bekerja ganda alias bolak-balik. Padahal pesanan lainnya masih banyak.

6. Pakailah toilet seperlunya

Barista selain membuat kopi ternyata juga harus bertanggung jawab atas semua toko termasuk toiletnya. Sementara itu terkadang banyak orang yang tidak tahu diri menggunakan toilet dengan parah seperti membuang kopi sembarangan yang membuat barista harus kerja ekstra membersihkannya.

7. Orang yang pesan kopi rendah lemak dengan tambahan cappucino itu menyebalkan

Tak ada yang lebih buruk dari campuran kopi rendah lemak dan cappucino. Kopi rendah lemak bisa membuat busa yang mengerikan. Lebih baik kamu memesan latte.

8. Kami berharap para pelanggan menyapa meski sekadar "Hai"

Tahukah kamu kerja sebagai barista itu capeknya minta ampun. Namun capek kami akan hilang jika pelanggan bisa bersikap akrab. Contoh kecilnya sapalah kami dengan kata "Hai" atau "Bagaimana kabarmu?" Itu cukup membuat para barista kembali semnagat kerja.