Brilio.net - Tanggal 15 Oktober biasa diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia. Cuci tangan masih dianggap sebagai hal sepele yang masih sulit dipraktikkan. Kebiasaan mencuci tangan bisa mencegah penularan berbagai macam penyakit,kuman dan bakteri yang mengancam kesehatan lainnya.

Di zaman yang serba menyukai kepraktisan, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berkembang cukup pesat. Banyaknya produk-produk hand sanitizer yang dipasarkan membuktikan bahwa memang tingkat kebutuhan konsumen juga bertambah. Namun pertanyaannya apakah hand sanitizer sama efektifnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir?

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/10) bahwa ada 8 bahaya yang terjadi jika kamu masih menggunakan produk hand sanitizer secara rutin:

1. Menyebabkan penyakit berbahaya

Pada 2011, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AMerika Serikat menemukan bahwa orang yang lebih sering menggunakan hand sanitizer yang mengandung triklosan ternyata 6 kali lebih beresiko terkena norovirus. Norovirus adalah virus yang menyerang alat pencernaan menyebabkan infeksi dan mengakibatkan penderita muntah, diare dan sakit perut.

Loading...

2. Menurunkan sistem imun

Alkohol serta triclosan yang terkandung pada setiap produk hand sanitizer selain membunuh kuman atau mikroba juga dapat membuat bakteri baik ikut berkurang. Jika bakteri baik pada kulit berkurang maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

3. Tidak membersihkan semua kuman

Jika kamu berpikir hand sanitizer mampu mensterilkan tangan, itu salah besar. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60-90% memang mampu membersihkan kuman. Namun tidak semuanya, ada jenis-jenis kuman yang kebal.

4. Bisa menyebabkan keracunan

Bahan aktif dalam produk hand sanitizer pada umumnya merupakan jenis alkohol dan triklosan yang bertindak sebagai anti mikroba yang membunuh bakteri. Namun, kandungan alkohol dan triklosan yang berlebih di atas 90% dalam campuran akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang dimakan sehabis menggunakan hand sanitizer.

5. Menyebabkan iritasi kulit

Terlalu sering menggunakan hand sanitizer juga tidak baik bagi kesehatan kulit. Kulit yang terpapar alkohol terus menerus mengakibatkan iritasi kulit. Kulit pun menjadi rentan terkena keriput.

6. Gangguan Hormon

Efek lain dari triklosan yaitu dapat menyebabkan gangguan hormonal. Sehingga produksi hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil.

7. Mengandung Kimia Beracun

Aroma wangi yang dihasilkan oleh hand sanitizer bisa jadi mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh.

8. Menyerap Bahan kimia

Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer mengingkatkan penyerapan bahan kimia Bisphenol A (BPA) yang biasa ditemukan dalam bahan pembuatan plastik. Jika terserap tubuh, bahan kimia ini bisa mengganggu sistem endokrin tubuh.

Nah, gimana guys? Masih memilih menggunakan hand sanitizer ketimbang cuci tangan dengan sabun selama 20 detik? Kesehatanmu ya...