Brilio.net - Rasa males untuk kerja, kuliah, sekolah, bermain bahkan janjian ketemuan di musim hujan kayaknya sudah jadi hal lumrah. Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kamu terkadang nggak semangat.

Apalagi musim hujan, cuacanya jadi nyaman banget, udara sejuk dan menggoda untuk tidur-tiduran seharian. Akibatnya, bangun dari tempat tidur jadi pekerjaan yang sulit banget kamu lakukan. Siapa juga yang mau beraktifitas seperti biasanya, dan dress up serapih mungkin kalau ujung-ujungnya kena hujan juga?

Tetapi, kamu jangan selalu mengkambing-hitamkan musim hujan untuk suatu hal yang penting lho. Nah, ini nih alasan-alasan yang sering dipakai untuk membatalkan janji saat musim hujan:

1. Kehujanan

Ini adalah alasan yang paling dasar. Gara-gara hujan kamu jadi membatalkan rencana ketemuan.  Tetapi belakangan alasan sudah nggak ditoleransi. Pasti dengan mudahnya dibantah dengan berbagai pertanyaan. Jadi, kalau kamu pakai alasan ini, ingat deh alasanmu sudah basi. Kamu masih butuh skenario lain yang mendukung alasan kamu.

Loading...

2. Menjemput Orang yang Kehujanan

Kalau kamu pakai alasan ini, sebenarnya bisa jadi pencitraan. Kesannya kamu baik hati dan penolong banget. Misalnya tiba-tiba ada keluarga datang dan meminta segera dijemput. Orang yang kamu batalin janji, pasti menerima dengan lapang dada. Tapi ini keterlaluan, sudah bohong dan keluarga dijadikan alasan.

3. Terserang Flu

Banyak orang terkenal penyakit flu saat musim hujan. Nah, alasan tidak enak badan ini yang bisa kamu pakai kapan saja. Caranya pakai alasan ini juga gampang banget. Tinggal angkat telepon kamu, terus berat-beratin suaranya. Boleh juga ditambahin sedikit dengan batuk-batuk kecil. Tapi ingat guys, tetep harus natural, jangan sampai berlebihan, nanti malah kebongkar bohongnya.

4. Mantel Hujan, Jaket dan Sweater Masih Basah

Alasan ini kedengarannya klise banget ya. Jadi agak jarang dipakai orang. Tapi coba kamu pikir, jika kemarin kamu lagi jemur baju dan mantel kemudian tiba-tiba turun hujan. Semuanya bakal basah kan? Nah, di situ logisnya alasan ini.

5. Jalanan Macet

Hujan deras membawa volume air yang banyak dan membuat saluran air meluap. Akibatnya tentu jalanan tergenang, terus banyak kendaraan berjalan lambat dan akhirnya macet. Nah, kondisi begini yang dipakai orang-orang sebagai alasan membatalkan acara di musim hujan.

6. Dikerjakan dari Rumah Saja

Daripada mengarang alasan enggak jelas, kenapa kamu enggak mengajukan susulan kepada bos kamu untuk mengerjakan tugas di rumah saja? Ini adalah alasan yang tepat daripada membuat sebuah kebohongan. Siapkan teh atau minuman hangat lantas kerjaan dengan nyaman di teras atau di ruang kerjamu. Tetapi jangan kelewat nyaman, yang ada malah kamu ketiduran.

7. Saluran Pipa Air Mendadak Rusak

Musim hujan biasanya bakal menunjukkan kelemahan-kelemahan dari rumahmu, terutama saluran air. Nahk, saluran air yang mampet itu berpengaruh besar bagi kenyamanan tempat tinggalmu. Maka dari itu alasan ini sulit orang tolak, jika kamu ingin mebatalakan sebuah acara pertemuan.

8. Jalanan Banjir, dan Kamu Enggak Bisa Berenang

Well, kayaknya yang satu ini sudah agak kelewatan ngarangnya. Kalau banjirnya sudah sampai bikin kamu harus berenang, itu parah banget. Tapi kalau kamu sudah kehabisan ide, bisa pakai alasan satu ini. Namun, jika kamu diminta bukti, cara buktikannya bagaimana hayo?

9. Nggak Ada Transportasi Umum

Kamu udah ready buat pergi, meskipun hujan, dan kamu udah menyiapkan segala perlengkapan anti-hujanmu. Tapi sayangnya ternyata enggak ada satu pun bus yang lewat. Kamu sudah menunggu lebih dari satu jam tapi enggak ada juga yang menghampirimu. Nah bagaimana guys? alasan yang kayak gini pernah denger nggak? Alasan ini juga sering dipakai orang-orang lho.   

10.  Mobil atau Motor Rusak

Dari sekian banyak alasan, akhirnya alasan ini yang kamu gunakan, kendaraanmu rusak tiba-tiba. Jadi sekarang kamu terjebak hujan, mencoba menghubungi bengkel mobil langganan, atau mendorong motor ke bengkel terdekat. Siapa pun yang mendengarkan alasan ini pasti dengan ikhlas menerimanya.

Tapi ingat ya, kamu jangan keseringan bohong. Nanti nggak ada teman atau atasan yang percaya dengan kamu. Susunlah agenda kamu sesuai dengan perkiraan cuaca. Nah, dengan begitu kamu bisa menghindari waktu-waktu potensial turun hujan. Ayolah guys, semangat!

Laporan: Riskhi Bestari