Brilio.net - Tidak hanya pernikahan saja yang membutuhkan persiapan. Olahraga seperti lari juga memerlukan hal yang serupa. Persiapan dilakukan agar larimu makin menyenangkan dan berkesan.

Yang lebih penting lagi adalah untuk mencegah kamu dari cedera. Berikut adalah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum lari dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/4).

1.Niat untuk lari
Langkah pertama yang harus kamu siapain adalah niat. Kalau kamu memang serius untuk lari, tidak ada lagi namanya alasan untuk menghindar. Selain itu, jangan sampai kamu niatnya hanya setengah. Jika memang tidak serius, lebih baik urungkan saja untuk melakukan olahraga ini.

2. Sepatu lari
Pilihlah sepatu yang nyaman di kakimu. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan harga sepatu dengan budget yang kamu punya. Yang lebih penting adalah pilihlah sepatu berdasarkan kualitas bukan brand. Kecuali kamu merupakan pelari profesional yang mendapatkan endorsement.

3. Pemanasan
Agar otot kamu tidak kaget ketika kamu lari, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu. Mungkin kamu lakukan pemanasan jalan terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu lari.

4. Pahami lintasannya
Sebelum kamu lari, cobalah kamu cari tahu bagaimana jalur lintasannya. Apakah licin, meliuk-liuk, atau datar-datar saja. Setelah tahu gambaran jalur lintasan, kamu akan lebih nyaman. Selain itu, kamu juga bisa melakukan antisipasi. Contohnya, kamu bisa menyiapkan kacamata hitam jika jalur lintasan kamu terlalu silau dengan matahari.

5. Siapin sport armband
Jika kamu ingin mendengarkan musik sambil berlari, siapain juga sport armband. Benda ini akan membuat kamu lebih nyaman saat lari karena letaknya di lengan. Jika kamu membawa music player di saku celana saat lari, hal ini bisa jadi sangat menganggu.

6. Isi perut dulu
Agar pengalaman lari kamu tidak kelaparan, makanlah sebelum melakukan lari. Akan tetapi disarankan untuk makan besar dua hingga empat jam sebelum lari. Makanlah makanan yang kaya akan karbohidrat.

Tapi ada juga yang menyarankan lari pagi gak perlu makan dulu, karena cadangan karbohidrat masih tersimpan menjelang tidur seusai makan malam. Tapi, tak ada salahnya konsumsi buah, dianjurkan sepotong pisang.

7. Rileks dan nikmati larimu!
Olahraga yang satu ini harus dilakukan dengan senang hati. Sebelum lari, kamu harus rileks supaya tidak merasa berat saat menuju garis finis. Biar makin rileks boleh loh kamu selfie sebelum lari.