Brilio.net - Profesi pramugari dipandang sebagi profesi yang menjanjikan. Bukan karena gajinya yang cukup besar namun juga kesempatan untuk keliling dunia jugalah yang membuat anak muda banyak yang tertarik untuk mendapatkan posisi tersebut. untuk menjadi seorang pramugari tidak semua orang bisa.

Ada kriteria tertentu seperti tinggi badan dan berat badan yang harus proporsional dan tidak menggunakan kacamata. Selain itu, profesi ini juga masih dipandang hanya untuk orang cantik saja.

Padahal, bukan hanya sekadar cantik saja yang dibutuhkan seseorang untuk bisa menjadi pramugari.

Menurut Direktur Utama P3 Nusantara, sebuah lembaga training pramugari, Drs.Tb.Isa Iskandar Usman saat ditemui brilio.net, Jumat (11/9), bukan penampilan fisik saja yang penting, namun setidaknya ada 7 hal yang harus dimiliki oleh seorang pramugari, antara lain:

1. Pikirannya harus bersih
"Kebanyakan siswa kami adalah anak-anak daerah yang polos dan lugu," tutur Isa Iskandar. Siswa dengan pikiran yang bersih akan lebih mudah diarahkan dan "dibentuk". Dibentuk dalam artian menjadi sosok pramugari yang unggul.


2. Attitude
Yang kedua adalah mengenai attitude atau sikap atau perilaku. Percuma saja, seorang pramugari memiliki kulit putih dan mulus namun attitude nya nol besar.


3. Keimanan
"Dunia pramugari adalah sebebas-bebasnya dunia. Banyak hal buruk yang bisa memengaruhi pramugari," terang Sri Indaryati, istri Isa yang juga  pimpinan P3 Nusantara. Sehingga seorang pramugari itu harus memiliki bekal keimanan yang kuat."

4. Keteguhan hati
Dalam pekerjaan apapun, pastilah memiliki risiko masing-masing. Untuk itu hati dan pendirian yang teguh sangat berperan agar menjaga para pramugari ini senantiasa totalitas saat menjalankan tugas.

5. Daya juang
Menjadi pramugari bukanlah perkara mudah dan tidak selalu identik dengan kehidupan yang hanya senang-senang saja. Pramugari diharuskan siap dalam kondisi seburuk apapun.
Untuk itu perlu daya juang yang tinggi untuk bisa bertahan pada profesi ini.

6. Pribadi yang menyenangkan
"Pramugari itu harus senyum setiap waktu serta hangat dalam melayani penumpang," jelas Isa yang akrab dipanggil ayah oleh para siswanya ini.

Enggak mudah lho guys, harus selalu terlihat gembira di apapun kondisi hati kita saat itu. Sebagai pramugari keramahan akan membuat penumpang juga merasa nyaman dan senang.

7. Sabar
Menghadapi penumpang dengan berbagai karakter tentu membutuhan kesabaran yang ekstra bukan? Seorang pramugari tidak boleh marah atau kesal selama bertugas. Harus ekstra sabar deh pokoknya.

"Tidak penting orang itu cantik fisiknya tetapi attitude-nya nol," tegas Isa. Isa juga menambahkan bahwa "inner beauty" itu bisa dibentuk dan bisa megnalahkan kecantikan fisik semata.