Brilio.net - Suka banget mantengin cooking show dalam layar televisi? Program yang satu ini memang lebih menarik dibandingkan sinetron dengan cerita yang tidak berujung. Terlebih lagi, chefnya cantik dan seksi. Menu yang dimasak juga tidak kalah menarik. Tapi tahukah kamu rahasia di balik sebuah program masak memasak ini?

Berikut adalah tujuh rahasia yang perlu kamu tahu di balik sebuah tayangan cooking show, dikutip oleh brilio.net dari Reader's Digest, Kamis (28/5):

1. Sang chef dan resep

Banyak koki yang tidak menggunakan resepnya sendiri. Kadang ada juga membeli dari resep orang lain. Mereka lebih fokus untuk acaranya saja, bukan resep dari menu yang dimasaknya.

2. Di balik piring yang besar

Kamu sering mengamati jika menu makanannya disajikan dalam piring yang begitu besar. Hal ini merupakan trik agar makanan terlihat menarik di layar kamera. Jangan heran jika kamu tersihir untuk mencicipinya.

3. Trik jika chef lupa

Seringkali kamera mengarahkan sorotnya ke bahan atau tempat masak. Hal ini biasanya digunakan untuk mengakali apabila chef lupa untuk mengatakan sesuatu yang penting. Bahkan untuk proses editingnya aja menggunakan suara dari talent lain.

4. Makanan cadangan

Saat sang chef beraksi di kamera, dia juga telah mempersiapkan makanan yang sudah siap disajikan. Proses memasak hanya digunakan untuk menunjukkan secara singkat saja. Bahkan tidak terlalu detail.

5. Di balik rasa 'hmmm enak'

Tidak semua makanan enak rasanya. Agar menarik perhatian pemirsa mereka mengatakan 'hmmm enak' kemudian langsung menelannya saja. Memang sih, dari presentasinya begitu menggiurkan, akan tetapi rasanya belum tentu enak.

6. Banyak perkakas kotor

Jika kamu sering melihat kompetisi memasak, perkakas dapur banyak yang masih kotor. Bahkan bisa saja banyak kotoran di lantai. Parahnya lagi, ada juga yang lupa mematikan kompor gas.

7. Ada juga 'kecelakaan'

Dalam proses syuting, bisa jadi ada makanan tumpah ke lantai. Kemudian, apron yang terbakar. Meskipun begitu, semua adegan tersebut tidak ditayangkan.

(brl/gib)