Brilio.net - Kemampuan mengelola uang merupakan keterampilan yang harus diasah semua orang. Untuk menguasai kemampuan yang satu ini, kamu tidak perlu berkonsultasi dengan ahli keuangan. Bahkan, kamu tidak perlu kuliah mengambil jurusan ekonomi atau keuangan. Sama sekali tidak perlu.

Yang harus kamu lakukan adalah menjawab 6 pertanyaan di bawah ini, seperti yang dikutip brilio.net dari lifehack, Minggu (4/10):

1. Bagaimana peran uang dalam kehidupan kamu sehari-hari?

Kamu harus bisa menjawab pertanyaan ini sebelum berlanjut ke pertanyaan yang berikutnya. Tahapan ini sangat penting agar kamu tahu bagaimana uang memengaruhi semua aspek kehidupan. Jika masih kesusahan untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa alternatif pertanyaan yang akan menggiring kamu untuk menjawab pertanyaan nomor 1 ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Seperti misalnya, seberapa sering kamu memikirkan uang? Bagaimana perasaanmu terhadap uang? Cobalah kumpulkan sebanyak mungkin jawaban dari dua pertanyaan tersebut. Kemudian rangkum jawaban tersebut sebagai jawaban dari pertanyaan inti. Setelah mampu menjawab pertanyaan ini, kamu boleh lanjut.

2. Jika kamu punya idola, bagaimana dia menggunakan uangnya?

Idola bisa berasal dari kalangan artis, politikus, atau siapapun yang kamu kagumi. Cobalah kamu amati bagaimana sang idola menggunakan uangnya. Apakah dia membelanjakan uangnya secara bijaksana atau malah secera berlebihan?

Setelah mendapatkan gambarannya, kamu juga harus refleksi diri apakah kamu terpengaruh oleh gayanya dalam membelanjakan uang. Pertanyaan ini tentu saja mudah kamu jawab.

3. Seberapa besar uang memengaruhi kebahagiaanmu?

Memang uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Akan tetapi banyak sekali orang yang tingkat kebahagiaannya dikontrol oleh seberapa besar uang yang dimilikinya. Memang untuk menjawab pertanyaan ini susah-susah gampang. Tapi ada cara jitu untuk menguji apakah uang memang penentu kebahagiaan atau bukan.

Apakah kamu mengapresiasi kado yang harganya murah? Apakah kamu menikmati kencan dengan biaya pas-pasan? Jika kamu menjawab kedua pertanyaan itu dengan 'ya', berarti uang tidak menentukan kebahagiaan kamu.

4. Apakah kamu tahu apa yang kamu butuhkan?

Zaman sekarang, banyak orang membelanjakan uangnya untuk membeli hal-hal yang mereka inginkan, bukan yang dibutuhkan. Ya nggak?

Mulai sekarang, cobalah kamu pikirkan dengan matang apa saja yang kamu butuhkan bukan yang kamu ingin beli. Ketika kamu berhasil membuat daftar apa saja yang kamu butuhkan, kamu bisa menghemat uang kamu atau bisa investasi ke bidang lain.

5. Bagaimana kamu berhadapan dengan krisis ekonomi?

Uang memang tidak selalu dalam posisi yang stabil. Bisa saja krisis keuangan mendera di saat kamu tidak siap. Jika kamu pernah mempunyai pengalaman dengan krisis ekonomi, cobalah gambarkan efeknya terhadap kondisi uang yang kamu miliki. Apakah kamu merasa baik-baik saja? Atau kamu mulai khawatir dengan tagihan-tagihan yang tidak sanggup kamu bayar?

6. Seberapa banyak uang yang sudah kamu sumbangkan?

Pertanyaan terakhir merupakan pertanyaan pamungkas. Bisa jadi kamu melewatkan hal ini dalam pengeluaran uangmu. Coba ingat-ingatlah lagi, seberapa banyak uang yang sudah kamu sumbangkan untuk program charity? Untuk menjawab pertanyaan ini, jumlah uang bukan jadi masalah. Sumbangan yang kamu berikan sangat tergantung kepuasan yang didapatkan. Semoga kamu makin bijaksana ya dalam mengelola uang!

(brl/gib)