Brilio.net - Setiap sumber makanan memiliki nutrisi dan khasiat kesehatan, termasuk biji buah labu. Kalau selama ini kamu memakan buah labunya sebagai campuran kolak atau bahan kue, sekarang tilik khasiat bijinya seperti dilansir brilio.net dari Joy by Nature, (1/10).

1. Menjaga kesehatan jantung

6 Alasan kamu harus ngemil biji buah labu sekarang juga


Biji labu merupakan sumber magnesium. Seperempat cangkir biji labu dapat memenuhi setengah dari kebutuhan harian kamu terhadap magnesium. Selain bermanfaat bagi pembentukan tulang dan gigi, magnesium dalam biji labu bisa meningkatkan performa pemompaan darah di jantung dan meningkatkan sirkulasi darah itu sendiri. Selain itu juga bisa merelaksasikan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke atau serangan jatuh.



2. Meningkatkan sistem imunitas
Mineral lain yang terkandung dalam biji labu adalah seng. Satu ons biji labu mengandung lebih dari 2 miligram seng. Dengan memperbanyak konsumsi seng, sistem imunitas tubuhmu bisa meningkat. Hal ini bisa mencegah kamu terserang flu dan pilek.  Selain itu, seng bisa menyokong pertumbuhan dan pembelahan sel dalam tubuh yang berarti tubuh tidak mudah terserang penyakit walaupun karena faktor usia.



3. Memperbaiki kesehatan prostat
Kesehatan prostat pada laki-laki di sini masih melibatkan zinc. Zinc dalam biji labu bisa mempertahankan fungsi kelenjar prostat, mengurangi bahaya pembesaran prostat, dan secara keseluruhan menjaga prostat tetap sehat.



4. Memiliki anti-mikroba

6 Alasan kamu harus ngemil biji buah labu sekarang juga


Biji labu memiliki sejumlah protein yang unik, yang membuatnya menjadi agen anti-mikroba. Salah satu jenis protein bernama lignan yang ada dalam biji labu terbukti bersifat anti-virus dan dapat membantu memperkuat tubuh melawan infeksi.


5. Menjaga kondisi diabetes
Sekalipun penelitian manfaat biji labu terhadap diabetes masih awal sekali, hasilnya sejauh ini menggembirakan. Studi pada hewan menunjukkan bahwa biji labu memiliki kemampuan untuk meningkatkan regulasi insulin pada hewan diabetes. Pasien diabetes juga kadang-kadang menderita kerusakan ginjal, dan di sinilah fungsi biji labu untuk mencegahnya.



6. Membuat tidur nyenyak
Asam amino dalam biji labu yang disebut triptofan akan dikonversi dalam tubuh untuk serotonin, yang nantinya menjadi melatonin, yaitu hormon pemicu tidur.

Dengan mengonsumsi biji labu beberapa jam sebelum tidur, produksi melatonin meningkat sehingga tubuh akan mudah tertidur. Nah, saat bangun, kamu akan lebih sehat karena tidur cukup.

Bagaimana, siap menjadikan biji labu sebagai camilan?