Brilio.net - Musim liburan telah tiba. Kamu jalan-jalan ke mana, guys? Namanya liburan, selain berkunjung ke tempat wisata tertentu, asupan energi juga nggak boleh dilupakan. Kamu juga butuh makan. Masalahnya, kalau lagi liburan, hasrat makan ini dan itu jadi melonjak. Akibatnya, bisa-bisa berat badan kamu naik. Terus bagaimana, dong?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Health, Selasa (29/12), berikut lima tips yang bisa bantuin kamu terhindar dari kenaikan berat badan kala menikmati liburan:

1. Jalan kaki ke mana-mana

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan foto: flipkey.com

Tips sederhana biar kamu nggak gemuk saat menikmati liburan di kota lain, cobalah untuk berjalan kaki ke manapun kamu pergi, sejauh jangkauanmu. Hindari taksi atau bus untuk pergi ke tempat dekat. Selain itu, misal di dalam gedung bertingkat, lewat saja anak tangga, bukan lift atau eskalator. Cara ini akan membantumu membakar lemak setelah makan sehingga bisa mencegah gemuk.

2. Cari tempat bagus yang butuh mendaki

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan

Ya, selain berjalan, kamu bisa mencari tempat wisata yang butuh mendaki. Misalnya bukit taman indah. Selain sebagai olahraga ringan, kamu akan mendapatkan manfaat mengunjungi tempat wisata indah yang mungkin belum banyak diketahui wisatawan.

3. Menikmati pemandangan untuk mengaburkan hasrat ngemil

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan

Saat menikmati liburan ke tempat baru, pastikan kamu tak hanya mengunjungi satu tempat. Kunjungi objek-objek wisata dan lihatlah pemandangan sekitar. Langkah ini akan membuaimu dan mengalihkan perhatian kamu dari godaan mengemil.

Makanlah kalau lapar sudah menyapa. Nikmati setiap panorama yang kamu lihat sebagai bahan pengalaman baru. Selain itu, aktivitas kamu bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain akan membuat tubuhmu berkeringat dengan sendirinya.

4. Belanja

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan foto: theinbetweengirls.com

Kalau kamu mencoba mengalihkan perhatian dari makan banyak, kamu patut mencoba untuk belanja. Belanja oleh-oleh yang banyak untuk sanak saudara di rumah. Aktivitas menghampiri toko satu ke toko lain akan membuat tubuhmu banyak bergerak dan berkeringat. Bisa dikatakan belanja adalah bentuk lain dari olahraga yang menggembirakan, setuju?

5. Kalau semua tips di atas gagal, ambil tips ini
Nggak ada salahnya kamu olahraga saat liburan. Sempatkan beberapa menit untuk mengolah badan biar kamu tetap sehat dan terhindar dari kenaikan berat badan. Berikut tips olahraga buat kamu selama liburan:

- 1 menit jongkok dengan satu kaki merentang ke kiri

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan foto: researchgate.net

- 1 menit jongkok dengan satu kaki merentang ke kanan

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan
foto: thenorthcaldwellwellnesscenter.wordpress.com

- 1 menit burpees

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan foto: joshuaspodek.com

- 1 menit plank

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan foto: bodybuilding-wizard.com

- 1 menit melompat dan jongkok bergantian

5 Tips ini bantu kamu terhindar dari kegemukan saat liburan
foto: site.hockeytrain.com


Sekarang kamu nggak perlu resah lagi selama liburan ya, guys! Selamat liburan bersama orang terkasih!