Brilio.net - Ya, liburan segera usai. Setelah menikmati hari libur untuk menyegarkan pikiran, giliran kamu mengerahkan semangat untuk kembali ke bangku sekolah atau kuliah. Eits, jangan malas-malasan ya, guys.

Bukankah kamu sering mendengar teman (atau bahkan kamu sendiri yang bicara) "Kalau sekolah ingin libur, kalau libur kangen sekolah". Nah, hadapi dong, kata-kata itu saat kejadian beneran.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/7) kamu perlu melakukan hal-hal berikut biar on fire memulai aktivitas belajar.

1. Bangun lebih pagi

5 Hal yang wajib dipersiapkan sebelum kembali masuk sekolah

Kebiasaan kalau liburan pasti bangun siang kan, guys? Nah, biar pada hari pertama sekolah tak terlambat, pasang alarm kamu untuk bangun lebih pagi.

Dengan bangun pagi, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu, misalnya peralatan sekolah yang belum sempat kamu siapkan sehari sebelumnya, menyetrika seragam yang masih kusut, atau menyemir sepatu.

Tentu saja, biar punya waktu perjalanan yang nyaman alias nggak terburu-buru. Apalagi kalau terjebak macet, kan berabe.

2. Sarapan

5 Hal yang wajib dipersiapkan sebelum kembali masuk sekolah

Logika tanpa logistik? Mana bisa jalan? Ya, sarapan akan memberimu energi menjalani aktivitas belajar. Nggak mau kan, pas lagi menerima materi dari guru atau dosen pada hari pertama, perutmu keroncongan, terdengar teman sebangku pula.

Tapi jangan pula sarapan berlebihan, apalagi salah makan yang pedas-pedas, salah-salah kamu mules pada hari pertama masuk.

3. Pakai seragam sesuai jadwal

5 Hal yang wajib dipersiapkan sebelum kembali masuk sekolah

Yuhuuu ... ini khusus untuk kamu yang sekolah atau kuliah pakai baju seragam. Jangan saltum alias salah kostum saat sekolah.

Saking lamanya liburan jadi lupa deh, jadwal seragam. Kan, malu banget! Kamu yang kuliah pakai baju bebas pun, jangan asal pakai kaus oblong atau jins belel plus sandal jepit, ya.

Kalaupun tak ada aturan melarangnya, setidaknya kamu menghargai dan menghormati sekelilingmu. Bukankah di mana kaki berpijak, di situ bumi dijunjung?

4. Sesuaikan buku dan catatan sesuai jadwal

5 Hal yang wajib dipersiapkan sebelum kembali masuk sekolah

Hari pertama masuk mungkin belum terisi banyak aktivitas belajar. Tapi hari-hari berikutnya akan semakin serius belajar.

Nah, pastikan kamu mematuhi segala jadwal materi yang ada, supaya kamu lebih bisa menangkap materi yang disampaikan guru atau dosen dengan maksimal.

5. Kembangkan dan sebarkan 3S (Senyum, Sapa, Salam)

5 Hal yang wajib dipersiapkan sebelum kembali masuk sekolah

Sekalipun terkesan sepele, 3S ini adalah budaya yang memberikan efek positif pada suasana hati dan keseharian kamu beraktivitas di sekolah.

Bayangkan saja, kalau kamu menjalin hubungan baik dengan guru atau dosen, teman, tukang parkir, satpam, dan lain-lain, berapa banyak keberuntungan yang kamu dapatkan? Hati yang bahagia akan selalu merasa beruntung dalam segala situasi. Dengan begitu, hidupmu akan selalu berisi hal-hal positif.

Bagaimana, guys, sudah siap mengisi "nutrisi" otak kembali? Selamat belajar!

SEDANG POPULER DI BRILIO:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

16 Foto balasan SMS penipuan yang bikin ketawa ngakak

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis