Brilio.net - Tidur jadi waktu istirahat terbaik dari lelahnya tubuh karena aktivitas seharian. Dengan tidur, kamu bisa meregangkan syaraf-syaraf yang tegang dan membantu memperbaiki sistem di dalam tubuh. Tapi tahu nggak, untuk menciptakan tidur yang berkualitas, kamu perlu tidur tanpa memakai pakaian alias tidur telanjang?

Meski memang agak kontroversial dan hanya sedikit orang yang terbiasa tidur dengan melepaskan semua pakaiannya, tapi cara tidur ini terbilang sangat baik untuk tubuh. Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa alat kelamin wanita perlu 'bernapas' untuk mempertahankan pH agar tidak lembap dan jadi sarang bakteri. Dan ini bisa terjadi hanya ketika mereka berhenti memakai pakaian saat tidur di malam hari. Seperti kata Jennifer Landa dalam Elitedaily, Miss V wanita memiliki suhu udara seperti hutan hujan tropis yang hangat dan lembap. Melepas celana dalam bisa memberikan hawa segar sehingga bagian kewanitaan akan lebih sejuk.

Kebanyakan dari kamu pasti ingin dapat jawaban dari para pakar, haruskah kita tidak memakai pakaian saat tidur? Sebagian besar dokter menyarankan untuk tidur tanpa pakaian di malam hari karena dianggap sehat. Alasannya, selama seharian wanita memakai berbagai celana dan pakaian ketat sehingga tidak memungkinkan bagian-bagian pribadi untuk bernapas. Tak hanya bagi wanita, salah satu studi yang dilansir dari Boldsky menyebutkan bahwa laki-laki juga harus menghindari mengenakan pakaian di malam hari untuk melindungi testis.

Tidur tanpa pakaian di malam hari memungkinkan alat kelamin benar-benar kering sehingga membantu mengurangi pertumbuhan bakteri. Jika alat kelamin mulai tumbuh jamur dan bakteri dapat menyebabkan infeksi uretra dan kandung kemih. Selain itu, tidur tanpa busana diklaim bisa membuat kamu tidur nyenyak. Kamu bisa baca dulu penjelasannya di sini.

Nah, selain alasan tersebut, masih ada alasan sehat lainnya untuk tidur tanpa memakai pakaian di malam hari, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (8/11) Cekidot!

Loading...

1. Memperbaiki regulasi hormon kortisol

Kortisol bisa memicu hal-hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan jika kadarnya tinggi dalam tubuh, seperti meningkatkan kecemasan dan membuat kamu ingin makan makanan berkalori tinggi yang bisa menyebabkan kegemukan. Dengan melepas semua pakaian dan tidur telanjang, suhu tubuh akan turun dan kadar hormon kortisol juga akan menurun di dalam tubuh.

2. Menyeimbangkan melatonin dan perkembangan hormon

Melepas pakaian saat tidur bisa menurunkan suhu tubuh dan ini sangat bagus dalam hal menyeimbangkan melatonin dan produksi beberapa hormon, karena melatonin dan beberapa hormon bisa mencegah penuaan. Alhasil, kamu akan awet muda jika melepas pakaian saat tidur.

3. Menjaga sperma

Skrotum butuh temperatur yang tepat untuk menjaga produksi sperma tetap optimal. Suhu tersebut harus sedikit lebih dingin dibanding suhu seluruh tubuh. Jika testis menjadi terlalu hangat maka kualitas sperma akan turun. Penelitian terhadap cairan mani dari pria yang memakai sauna membuktikan teori tersebut. Dilansir dari Men's Health, tidur memakai celana dalam yang terlalu ketat juga bisa meningkatkan suhu testis.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Wanita seringkali minder dengan bentuk tubuhnya. Dengan membiasakan tidur tanpa baju, kamu jadi lebih percaya diri dan menerima diri apa adanya karena kamu terbiasa melihat bentuk tubuh kamu sendiri. Ketika kamu percaya diri dengan tubuh kamu, kamu jadi lebih seksi secara mental dan pemikiran karena kamu tidak malu dengan apa yang kamu miliki.

5. Bangun tidur bisa menjadi lebih segar

Saat musim kemarau yang kering dan panas jadi waktu yang sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Tidur dengan telanjang sangat membantu membuat kamu cepat tidur karena kamu tidak merasa kepanasan. Tidur tanpa memakai sehelai benang memungkinkan udara yang masuk ke tubuhmu dengan baik, sehingga panas tubuh pun dapat terdistribusi dengan baik. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan tidur yang berkualitas, nyenyak dan bangun di pagi hari dengan lebih segar.

Sudah siap tidur telanjang untuk nanti malam? Tapi jangan lupa kunci pintumu lho ya. Ups!