Brilio.net - Banyak dari kita didikte untuk tidak mengkonsumsi lemak. Akibatnya, kita terlalu pilih-pilih makanan untuk menghindari lemak. Kenyataannya, lemak tidak sejahat yang kita kira.

Bahkan lemak juga dibutuhkan oleh tubuh.  Berikut adalah alasan kenapa kamu harus makan makanan berlemak dikutip oleh brilio.net dari lifehack.org, Jumat (17/4).

1. Lemak sangat penting untuk kesehatan otak

Fakta yang mengejutkan adalah hampir 60% jaringan pada otak adalah lemak. Jika kamu mengurangi konsumsi lemak, otak kamu juga bisa terganggu. Vitamin A,D,E, dan K yang juga sangat esensial bagi otak ternyata membutuhkan lemak untuk menyerapnya. Karena vitamin tersebut tidak larut oleh air.

Jadi, sayangilah otak kamu dengan mengkonsumsi lemak.

Loading...

2. Sangat bagus untuk paru-paru

Paru-paru manusia dilapisi hampir semuanya dengan lemak. Bahkan bayi prematur yang kekurangan lemak pada paru-parunya, harus diberikan surfaktan untuk menjaga sistem pernapasannya. Selain itu, konsumsi lemak yang terlalu sedikit juga bisa terserang asma.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Berdasarkan penuturan dari penulis buku Good Calories, Bad Calories, Dr. Michael dan Dr. Mary Eades, kekurangan asam lemak jenuh bisa menghambat sel darah putih untuk melawan virus, bakteri, dan jamur.

Akibatnya sistem imun kamu bisa lemah. Oleh karena itu, lemak jenuh dalam mentega dan minyak kelapa sangat berguna untuk ketahanan sistem kekebalan tubuh kamu.

4. Lemak sangat penting bagi organ tubuh

Lemak membentuk sebagian besar dari membran sel dan kulit tubuh kita. Kekurangan lemak bisa membuat kulit pecah-pecah. Dan bisa membuat infeksi dalam tubuh kita. Selain itu, lemak memberikan kalori dua kali lipat dibandingkan dengan karbohidrat.

5. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian di Kepulauan Pasifik menyebutkan bahwa orang yang menu makannya 60% mengandung lemak malah baik untuk jantung.