×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

View Image

0

BRILIO » Life

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Terkadang, wajah ganteng, beriman atau mapan pun nggak cukup bisa bikin sang calon mertua klepek-klepek dan memberikan restunya. Setuju?

09 / 10 / 2015

Brilio.net - Yakin deh, semua orang pasti pengen melanjutkan hubungan cintanya ke jenjang yang lebih serius, bersanding di pelaminan bersama dengan jodohnya. Tapi perkara nyari jodoh yang tepat itu kadang bisa bikin dada jadi sesak! Jodoh itu nggak sesederhana kamu memilih untuk beli cokelat merek apa. Kadang ada yang sudah serius, eh malah gagal menikah karena terhalang restu orangtua. Pilu!

Orang Indonesia sendiri punya banyak keunikan tersendiri dalam menetapkan menantu idamannya. Terkadang, wajah ganteng, beriman atau mapan pun nggak cukup bisa bikin sang calon mertua klepek-klepek dan memberikan restunya.

Ada beberapa syarat dan kriteria khusus yang diajukan, sebelum akhirnya merestui kamu menikah dengan anak kesayangannya. Apa saja? Berikut 14 kriteria menantu idaman mertua Indonesia yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/10):

1. Seagama

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Loading...

Ini kriteria yang utama, rata-rata sih nggak bisa diganggu gugat lagi sih. Banyak mertua Indonesia yang lebih suka memiliki calon menantu dengan latar belakang agama yang sama dengan keluarga mereka. Katanya sih, biar prosesnya nanti bisa lebih mudah.

2. Ilmu agamanya mesti kuat

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Kalau sudah seagama, bukan berarti jalanmu jadi lebih gampang untuk bisa dianggap menantu idaman mertua lho! Cek dulu deh, sudah seberapa kuat ilmu agamamu? Kalau di luar kepala semua alias nggak ada yang dimengerti, ya percuma lah! Kalau diri sendiri saja nggak diperkaya dengan nilai-nilai agama, mau dibawa kemana hubungan kita? Eeaaaa...

3. Sesuku

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Seperti yang selama ini kita tahu, Indonesia memiliki banyak sekali suku-suku asli yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. Nah, masing-masing suku memiliki sifat dan pembawaan masing-masing yang bikin Indonesia nggak cuma jadi unik, tapi juga menimbulkan sedikit stereotip, termasuk bagaimana mertua-mertua di Indonesia menentukan menantu idamannya.

Ya, meskipun nggak semuanya, beberapa mertua lebih suka punya menantu yang masih satu suku, satu marga, atau bahkan satu negara. Bahkan ada lho, mertua yang yang keberatan dan nggak merestui hubungan anaknya yang kebetulan punya pacar lain suku. Duh!

4. Bibit Bobot Bebet

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Walaupun sekarang sudah mulai memudar, ternyata beberapa mertua, khususnya di pulau Jawa, masih melihat bibit, bobot dan bebet calon mertuanya. Seperti misalnya dari mana si calon menantu berasal, keluarganya, pergaulannya, bahkan kualitas pribadi seorang menantu jadi bahan pertimbangan terbesar untuk memberikan restu.

5. Sopan

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Manusia itu nggak ada yang sempurna, semua pasti sudah paham kan ya? Tapi sebenarnya untuk jadi menantu idaman mertua Indonesia itu gampang-gampang susah sih. Kalau kamu pandai merebut hati mertua, percayalah nggak bakalan sulit kok untuk bisa mendapatkan restunya. Lalu gimana biar jadi calon menantu idaman? Bersikaplah sopan! Ini sih kudu kamu lakukan, termasuk salah satunya dengan hormat kepada yang tua dan berbicara menggunakan tata krama.

6. Wawasan luas

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Selain religius dan sopan, kamu juga mesti jadi orang yang punya wawasan yang luas untuk jadi menantu kesayangan mertua. Bayangin aja, kalau kamu ditanyain macam-macam dan kamu nggak ngerti apa-apa, kan tengsin! Sudah gitu gimana kalau nggak direstui sama calon mertua cuma gara-gara kamu o'on. Ngngngngng...

7. Sudah bekerja

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Syarat kayak gini biasanya sering banget diajukan kepada calon menantu laki-laki. Kamu pasti bakalan sering ditanya, "Sudah kerja belum? Kerja apa? Dimana? Gajinya udah cukup kan ya? Punya usaha sendiri atau nggak?" dan lain sebagainya. Nggak berlebihan sih, soalnya kalau nggak bekerja, mau dikasih makan apa anak dan istrinya? Ya nggak?

8. Ya kalau bisa sih PNS. Iya, PNS...

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Salah satu kriteria menantu idaman mertua Indonesia, ya kalau bisa Pegawai Negeri Sipil alias PNS atau yang bekerja di BUMN. Alasannya klasik, masa depannya pasti terjamin bahkan sampai pensiun. Tapi nggak selalu semuanya seperti itu kok, banyak juga mertua yang mendambakan punya calon menantu dokter, insinyur, polisi, tentara, atau bahkan malah artis sinetron. Krik krik krik.

9. Punya banyak simpanan, tabungan, kalau bisa warisan dimana-mana

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Eits, ini bukan soal simpanan perempuan atau laki-laki lain ya. Tapi soal tabungan serta aset lain yang bisa dijadikan simpanan di masa depan. Orangtua jadi lebih lega untuk menyerahkan anak kesayangannya untuk berumah tangga bersama kamu. Biasanya sih, syarat ini banyak diajukan oleh orangtua dari pihak perempuan. Ya bukan matre atau gimana, tapi seorang pria yang memiliki simpanan harta untuk masa depan, tentu menunjukkan karakter serta pola pikir yang jauh ke depan. Pria kayak gini idaman mertua banget deh, selain bisa menghidupi istri dan anak bahkan cucu nanti, ya bolehlah ya sekalian renovasi rumah mertua. Ups!

10. Wibawa... Wiii bawa mobil!

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Bukan cuma anaknya, orangtua juga bakalan suka lho, kalau tahu calon mantunya punya tunggangan yang keren. Ya bukan apa-apa sih, tunggangan yang keren bisa jadi memberikan prestis tersendiri bagi seseorang. Bahkan beberapa orang mengukur status sosial atau tingkat kemapanan dari kendaraan yang dimilikinya lho. Dari mulai kendaraan mobil atau motor, mereknya apa, harganya berapa, bahkan hal remeh kayak plat kendaraan pun bisa jadi faktor yang bikin restu mertua keluar dengan mulus kayak jalan tol. Kamu siap nggak seperti itu?

11. Suka sama anak kecil

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Calon menantu, kalau mau jadi idaman mertua, nggak peduli laki-laki atau perempuan sebaiknya kudu suka anak kecil. Karena sebenarnya ada misi tersembunyi, dimana orangtua atau mertua kalau anaknya sudah menikah, pasti pengen cepat-cepat menimang cucu. Cucu ini nantinya bisa jadi kesayangan kakek dan nenek. Kalau kamu nggak suka anak kecil, bisa jadi camer bakalan berpikiran kalau calon mantunya jangan-jangan nggak kepengen punya anak atau nggak bisa merawat anak. Ouch, alamat restu susah keluar nih!

12. Pinter masak

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Banyak mertua yang sering mensyaratkan hal ini kepada calon menantu yang akan dinikahi anak lelaki kesayangannya. Seperti apapun cemerlangnya karir dan pendidikanmu, yakin deh, mertua pasti akan memastikan calon menantu di hadapannya kini merupakan perempuan yang pandai mengurus keluarga, salah satunya ya kudu jago masak. Apalagi kalau kamu sering mengirimkan hasil masakanmu ke rumah calon mertua, duh, kamu pasti bakalan dibanggakan kemana-mana deh! Serius!

13. Bertanggung jawab

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Percayalah, seganteng apapun kamu, setinggi-tingginya karirmu dalam pekerjaan, kalau kamu nggak bisa bertanggung jawab, yakin deh, nggak ada mertua yang bakal rela menyerahkan anaknya untuk kamu nikahi. Pria yang bertanggung jawab pasti bakal bikin mertua merasa tenang, sebab mereka tahu putrinya berada bersama dengan orang yang tepat. Aw!

14. Bisa mengayomi

14 Kriteria ini jadi tolok ukur menantu idaman mertua Indonesia

Bukan cuma bisa bertanggung jawab, mertua pasti suka pada pria yang bisa mengayomi istri dan keluarganya. Pria yang mengayomi katanya sih terlihat lebih dewasa. Orangtua jadi merasa lebih nyaman dan tenang untuk 'menitipkan' putri mereka. Kamu juga pasti bakal jadi calon menantu kesayangan mertua.

Nah, gimana? Udah siap menikah? Buruan ke KUA gih. Ups!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more