Brilio.net - Jalan-jalan bareng pacar, keluarga, atau teman memang menyenangkan, tapi jalan-jalan sendiri juga nggak kalah seru kok! Menikmati jalan-jalan sendiri bisa mendatangkan banyak manfaat tersendiri buat kamu. Mau tahu apa saja?

Dilansir brilio.net dari Lifehack, Jumat (16/10), berikut 12 alasan kenapa kamu harus memberanikan diri untuk solo traveling:

1. Belajar percaya diri

12 Alasan kamu wajib solo traveling minimal sekali seumur hidup

Ya, dengan jalan-jalan sendiri keliling Indonesia atau dunia akan membuatmu percaya diri terhadap kemampuan survive yang kamu miliki. Kamu akan belajar mengandalkan diri sendiri harus melakukan apa atau bagaimana membawa diri di tempat tujuan kamu. Jadi, kamu nggak akan mudah takut kalau lain waktu ke tempat asing dan jauh dari orang-orang terdekat.

2. Fleksibel
Maksudnya adalah saat kamu hendak pergi jalan-jalan bareng orang lain, terkadang (atau malah sering?) orang itu ribet, padahal kamu nggak suka. Nah, kalau kamu pergi sendirian, kamu bisa merapikan keperluan seefektif dan seefisien mungkin, dan bisa berangkat kapan saja kamu mau.

3. Keluar dari zona nyaman
Bepergian ke tempat yang asing, akan membuat perasaan nyamanmu terancam. Tapi hal ini akan membuatmu bersyukur mendapatkan pengalaman dan wawasan baru. Akan banyak kejutan yang akan jadi cerita lucu untuk diceritakan sekembalinya kamu dari jalan-jalan sendiri atau solo traveling.

4. Belajar mengambil keputusan

12 Alasan kamu wajib solo traveling minimal sekali seumur hidup

Saat kamu berlibur bersama orang lain, perbedaan pendapat untuk memutuskan sesuatu pasti muncul. Tak jarang bikin kesepakatan jadi hal yang sulit dilakukan dalam waktu singkat. Nah, kalau kamu pergi sendirian, kamu bisa lebih mudah memutuskan sesuatu sesuai keinginanmu terkait apa pun itu saat berlibur. Kamu bisa menentukan sendiri ke mana harus berlibur, tempat mana saja yang kamu kunjungi, belanja apa saja, makan apa, bahkan harus naik apa untuk sampai ke tempat tujuan.

5. Menikmati kesendirian
Sendiri bukan berarti kesepian dan kesedihan. Jalan-jalan sendiri bisa dibilang menikmati kesendirian yang menyenangkan. Kamu bisa istirahat dan relaksasi, bahkan bersenang-senang tanpa perlu diganggu oleh orang lain. Menikmati kesendirian bermanfaat untuk kamu gunakan merenung dan mencari makna hidup kamu sebenarnya. Menikmati kesendirian dengan solo traveling akan membuatmu lebih mengenal dirimu sendiri.

6. Memicu semangat
Melakukan perjalanan sendiri bikin kreativitasmu memuncak soalnya pikiranmu jadi terbuka terhadap banyak hal. Sehingga semua ide yang masuk ke kepala bisa untuk modal mengembangkan diri di tempat kamu beraktivitas sehari-harinya. Tak heran dong, kalau sering mendengar orang bilang 'Orang kalau marah mulu artinya kurang piknik'? Piknik memang bikin kamu hepi dan banyak pengalaman, makanya suasana hati kamu juga akan semangat terus.

7. Bertemu orang baru
Dengan solo traveling kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru yang bikin kamu menjalin pertemanan dengan mereka. Kamu bisa berbagi dengan mereka, meminta bantuan, dan sebagainya. Dengan begitu, wawasanmu juga meluas, termasuk tentang daerah yang kamu kunjungi. Syukur-syukur, siapa tahu kamu dapat jodoh dari tempat yang kamu kunjungi, kan? Dunia ini luas, orangnya juga banyak, sesekali kamu berkunjung dan keluar dari 'sarang'mu akan bagus untukmu.

8. Penemuan baru

12 Alasan kamu wajib solo traveling minimal sekali seumur hidup

Kamu nggak akan menduga ada banyak hal bagus, baik, dan mencengangkan yang bisa menghampirimu kalau berani bersolo traveling. Berada jauh dari orang-orang terdekat memang nggak nyaman, tapi coba deh, kamu membaur dengan orang-orang di tempat baru itu, kamu akan mengetahui dan merasakan hal-hal yang sebelumnya tak pernah kamu rasakan. Dan semua yang kamu dapatkan akan menjadi pengalaman berharga banget. Lebih jauh, perjalanan sendirian bisa membantumu menemukan jati diri. Masih inget Julia Roberts di film Eat Pray Love? Dia melakukan solo traveling ke banyak negara, termasuk Bali (Indonesia) untuk menemukan inti jiwa dan kehidupannya.

9. Meningkatkan rasa cinta
Kalau kamu bersolo traveling kamu akan lebih banyak tahu hal baru dan merasa takjub, baik tentang keindahan alam atau kota, bahkan bisa jadi kehidupan sosial dari tempat yang kamu kunjungi. Nah, kamu akan bisa mensyukuri hidup ini, termasuk atas dirimu sendiri. Ngaku, deh, kalau lagi jalan-jalan terus menemukan sesuatu kamu bakal bilang "Wah, keren! Beruntungnya diriku!" atau kata-kata syukur serupa. Bahkan saat melihat fenomena yang kurang menggembirakan, kamu akan bersyukur masih diberi kelebihan dibandingkan orang lain. Jadi, kamu bisa lebih mencintai diri sendiri dan tentu saja orang lain.

10. Melakukan apa pun yang kamu ingin
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bepergian sendirian bikin kamu bebas melakukan apa saja yang kamu mau. Mau makan telat, mau telat bangun, mau beli ini-itu, dan masih banyak hal lain. Semuanya nggak ada yang mengekang apalagi mengomeli, betul?

11. Belajar mandiri
Ya, bersolo traveling artinya mempersiapkan diri untuk survive ke manapun kamu menuju.

12. Merindukan orang yang kamu cintai

12 Alasan kamu wajib solo traveling minimal sekali seumur hidup


Sekian lama melakukan perjalanan sendirian, kamu terpisah dari orang-orang yang kamu cintai. Nah, di sinilah letak seni rindu yang bikin kamu akan puas membayar rindu setelah pulang ke tempat asal. Dengan begitu, kamu akan semakin cinta dengan orang-orang sekelilingmu dan menghargai betapa jauh dari orang yang dikasihi itu tak enak.

Jadi, apakah kamu sudah siap bersolo traveling? Selamat menikmati perjalananmu dan jangan lupa untuk selalu bersyukur ya!