1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Agustin Wahyuningsih 30 September 2015 19:20

10 Alasan orang yang belajar musik berpotensi jadi orang sukses, wow!

Biasanya orang yang sudah mempelajari musik sejak lama punya kepribadian yang menarik, kreatif, dan pintar membawa diri.

Brilio.net - Saat SMA atau bahkan sampai saat ini, kamu ngefans sama pemusik? Misalnya anak band. Mereka terlihat keren banget, kan? Atau kamu sendiri seorang musisi? Seneng dong, bisa jadi idola banyak orang.

Nah, ternyata orang yang suka dan menekuni musik disebut-sebut berpotensi banget menjadi orang sukses. Mengapa bisa begitu?

Nah, dilansir brilio.net dari Lifehack, Rabu (30/9), berikut penjelasannya:

1. Lebih kreatif
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak politisi dan pengusaha sukses ternyata pada usia muda mempelajari musik. Misalnya belajar piano, klarinet, atau saksofon. Alat-alat musik tiup itu nyatanya memang bisa membuat kreativitas meningkat.

"Musik memungkinkan kamu melihat melampaui apa yang ada dan mengekspresikan dirimu dengan cara yang baru," kata Paul Allen, salah satu pendiri perusahaan raksasa, Microsoft.

2. Otak yang berkembang berbeda
Seperti banyak penelitian yang telah ada, memainkan alat musik cenderung memiliki banyak efek menguntungkan pada otak, terutama terlihat pada anak-anak.

Memang, otak anak-anak usia dini (sekitar 9-11) memiliki 'volume area abu-abu' yang signifikan. Meskipun hal ini tidak berarti bahwa musisi lebih pintar, namun hal ini menunjukkan bahwa otak mereka membuat koneksi unik dan menarik daripada mereka yang tidak bermain musik.

3. Memiliki hubungan dengan orang lain yang lebih baik
Musik sering dianggap sebagai cara untuk menghubungkan budaya, ide, dan perspektif yang berbeda. Bahkan ketika kamu tidak terbiasa dengan suatu lokasi, kamu dapat menggunakan kemampuan bermusikmu untuk mengenal orang-orang di sekitar kamu, dan menjalin hubungan yang mungkin dianggap mustahil sebelumnya.

Bermain musik bisa menjadi keterampilan penting untuk menekuni sejumlah profesi, terutama yang mengharuskan kamu melibatkan diri di lokasi yang tidak terlalu familiar.

4. Lebih pandai dalam bidang Matematika
Walaupun tidak selalu orang musik selalu pintar Matematika, namun diduga ada keterkaitan. Mengingat keduanya sama-sama menganalisis teka-teki dan berupaya menemukan pola untuk mendapatkan solusi. Biasanya, kalau kamu bisa menyelesaikan masalah dalam bermusik, kamu juga bisa memecahkan teka-teki dalam Matematika. Sependapat?

5. Punya rasa yang lebih baik soal irama
Orang yang pandai bermusik, dia akan bisa menyelaraskan irama. Nah, dari kebiasaan inilah akan bermanifestasi ke dalam kehidupan seluruhnya. Jadi, kalaupun kamu melihat anak band norak dan berantakan, coba deh, perhatikan, pasti ada sisi mereka teratur dan rapi terhadap sekelilingnya. Yakin deh! Soalnya, bagaimanapun mereka menyukai estetika (dengan kata lain irama itu sendiri).

6. Obsesif
Namanya orang sudah suka musik, apa pun yang terjadi dia akan menekuni walaupun butuh proses yang lama. Obsesi inilah yang membuat mereka rela untuk telaten mempelajari musik sampai bisa dan lihai. Bisa dilihat kan, keuletannya? Orang sukses itu butuh ulet dalam berusaha guys!

7. Memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi
Poin ini berlaku terlebih pada mereka yang telah mempelajari musik sejak usia muda, misalnya sekitar 6 tahun. Memang, sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang belajar instrumen musik pada usia dini, memiliki peningkatan IQ lebih besar dibandingkan mereka yang tidak.

8. Proses bicara yang lebih efisien
Menjadi sukses mengharuskan kamu menjadi pendengar yang baik, dan musisi dipersiapkan untuk memperoleh keterampilan pada awal tahap perkembangan mereka.

Memang, penelitian telah menunjukkan bahwa belajar bagaimana memainkan musik memiliki efek menguntungkan untuk area otak kamu yang memproses suara (sebuah efek yang berlangsung bahkan sampai tua).

Mendengarkan adalah keterampilan penting untuk dimiliki, sebagai kemampuan untuk memahami isi omongan orang lain. Dan memahami orang lain inilah salah satu faktor untuk bisa sukses.

9. Dikondisikan bekerja keras untuk hasil maksimal
Sekalipun tidak selalu benar bahwa mereka yang bekerja paling keras dalam hidup adalah yang paling sukses, tapi salah satu ahli menyatakan bahwa hal yang menakjubkan tentang belajar musik adalah bahwa jika kamu bekerja keras, maka hasilnya pun bagus.

10. Punya kontrol diri
Saat masih fase belajar musik, semuanya terasa sulit dan kamu ekstra fokus supaya hasil maksimal. Nah, saat kamu sudah menguasai musik, baik itu menyanyi atau memainkan alat-alat musik, kamu harus benar-benar bisa paham bagaimana mengatur irama supaya selaras dan enak didengar. Di sinilah wujud dari pengendalian atau kontrol diri kamu.

Nah, jadi orang pandai bermusik tidak harus selalu menjalani profesi sebagai penyanyi atau anak band. Pemusik bisa juga merambah bidang lain misalnya menjadi guru musik, editor, pembawa berita, bahkan dokter. Sebut saja Tompi yang hits banget membawakan lagu jazz tapi dia seorang dokter, atau sang rocker Yukie PAS band yang juga masih menekuni profesinya sebagai dosen.

Jadi, apa kamu berminat belajar musik?

 

BRILIO VIDEO

Menikmati Indahnya Sunrise Dari Puncak Sikunir

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Kenapa Air Laut Asin
Semua pasti tahu kalau air laut rasanya asin. Yang jadi pertanyaan, kenapa bisa berasa asin ya? Kalau penasaran, temukan jawabannya dalam video Brilio.net berikut
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Alasan orang yang belajar musik berpotensi jadi orang sukses, wow!.
Biasanya orang yang sudah mempelajari musik sejak lama punya kepribadian yang menarik, kreatif, dan pintar membawa diri.
https://www.brilio.net/life/10-alasan-orang-yang-belajar-musik-berpotensi-jadi-orang-sukses-wow-150930c.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?