Brilio.net - Memangnya ada ya, orang yang seumur hidupnya nggak pernah ke dokter? Bisa jadi sih, guys. Kira-kira kenapa ya, mereka bisa begitu? Dilansir brilio.net dari boldsky, Selasa (22/9), berikut 10 alasannya:

1. Enggan berbagi rahasia tubuhnya

10 Alasan bikin orang ogah mengunjungi dokter, kamu juga?

Mereka yang nggak pernah datang ke dokter memiliki kemungkinan alasan nggak mau orang lain tahu rahasia di balik tubuhnya. Mereka justru takut kalau rahasia kesehatan mereka terkuak.

2. Tak cukup percaya dengan kemampuan dokter

Loading...

Meskipun alasan ini bukan berdasarkan alasan valid bagi setiap orang, tetap saja ada orang yang nggak sepenuhnya percaya pada kapabilitas seorang dokter. Itulah mengapa ada orang yang nggak mau periksa ke dokter.

3. Hanya sakit ringan

Alasan orang nggak periksa ke dokter adalah dia merasa sakitnya hanya sepele. Padahal bila sakit yang dianggap sepele itu berkelanjutan dan membuatnya lemah, dia tetap butuh periksa ke dokter untuk menangani kemungkinan terburuk.

4. Takut banyak pengeluaran

10 Alasan bikin orang ogah mengunjungi dokter, kamu juga?

Menurut pendapat banyak orang, pergi ke dokter sama saja menguras kantong. Maka mereka memilih membeli obat seadanya dan menyimpan uang mereka guna kebutuhan lainnya.

5. Nggak punya waktu

Iya, orang-orang sibuk bekerja sampai nggak sakit akibat hidup ngawur, terkadang ada yang enggan pergi ke dokter. Alasannya klise: saya nggak punya cukup waktu bertemu dokter. Hmmm ... apakah kamu juga begini?

6. Bingung memilih dokter

Ada orang yang bingung harus berkunjung ke dokter spesialis apa yang bisa mengatasi keluhan mereka. Saking bingungnya, dia menyerah saja untuk berdiam diri dan nggak mencari dokter spesialis yang tepat.

7. Nggak suka ada kontak fisik dengan dokter

Dalam mendiagnosis penyakit, hampir nggak mungkin dokter nggak menyentuh tubuh pasien. Sekalipun hal ini terbilang 'sah' bagi kamu wanita yang bisa memilih dokter yang menanganinya adalah sesama wanita agar nyaman, kaum pria pun bisa mendapatkan 'problem' yang sama. Beberapa orang, baik wanita maupun pria, bisa risih tubuhnya disentuh secara lebih intens oleh orang lain  selain orang terdekatnya.

8. Takut menjalani tes

10 Alasan bikin orang ogah mengunjungi dokter, kamu juga?

Sebuah tes kesehatan bisa saja membuat malu dan ngeri banyak orang. Misalnya saja harus menunjukkan bagian pribadi mereka dan semacamnya. Tak semua orang nyaman diperlakukan begini.

9. Kematian mendadak

Banyak orang yang percaya bahwa mereka akan kehilangan nyawa mereka setelah bertandang ke rumah sakit. Sekalipun pikiran ini tak terjadi, cukup sulit menghentikan orang memiliki kesalahpahaman dan pikiran takhayul tentang ilmu medis.

10. Sikap dokter yang nggak simpatik

10 Alasan bikin orang ogah mengunjungi dokter, kamu juga?

Alasan ini bisa saja berlaku bagi siapa pun, bahkan kamu. Setelah mendengar temanmu bertemu dokter judes, siapa coba yang nggak keder?

Niatnya berobat eh, malah ketakutan atau bete banget gara-gara sikap dokter yang menjengkelkan. Pasalnya, dokter sudah identik dengan sebutan "malaikat penolong", sehingga diharapkan baik, ramah, dan simpatik terhadap pasiennya.

Bagaimana, guys? Alasan mana yang bikin kamu males banget periksa ke dokter?