Brilio.net - Kota terbesar di Wilayah Indonesia Bagian Timur ini selalu membuat kangen wisawatan, baik domestik maupun asing, untuk kembali lagi berkunjung. Bagaimana tidak, selain kekayaan alam dan budaya, Makassar juga memanjakan pelancong dengan berbagai makanan khas menggugah selera. Kamu dijamin tidak akan jemu mencoba berbagai makanan yang ada karena kayanya dunia kuliner di daerah ini.

Di antara kuliner yang banyak disajikan adalah makanan-makanan yang berbahan dasar pisang. Di antaranya adalah pisan epe. Sekilas makanan ini memamg mirip dengan pisang bakar yang ada di sejumlah daerah di Indonesia. Namun jika dilihat lebih dekat, apalagi sampai mencicipinya, dipastikan ada rasa berbeda yang ditawarkan.

Selain pisang, untuk membuat makanan khas ini, kamu perlu menyediakan beberapa bahan lainnya seperti gula aren, daun pandang, dan garam secukupnya. Sebelum dipanggang, ada yang mencampurkan pisang dengan gula aren yang sudah disiapkan. Ada juga yang merebus pisang terlebih dahulu sebelum dipipihkan dan dibakar.

Setelah matang, sajikan pisang epe bakar panas dengan saus gula merah yang telah dibuat sebelumnya. Pisang epe sangat enak jika disantap dalam keadaan hangat.

pisang ape Istimewa

Pisang epe rasa keju/foto: dewo.files.wordpress.com

Guna memperkaya rasa, pisang epe ini disajikan dengan berbagai macam bahan tambahan seperti keju, hingga saus durian dan lainnya. Makanan ini enak disantap sambil menikmati pantai yang banyak berada di Makassar, seperti Pantai Losari yang terkenal itu. Pisang epe ini tentunya juga enak untuk disantap bersama keluarga di rumah. Apalagi cara membuatnya yang mudah, membuat semua keluarga bisa kapanpun membuatnya.

Kekayaan kuliner yang dimiliki Makassar ini turut #BikinKerenIndonesia. Dan membuat makin banyak alasan orang untuk datang ke Negeri Sejuta Pulau ini. Bagi kamu yang ingin tahu betapa kerennya Indonesia, juga bisa mengunjungi telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Jangan kaget, jika setelah mengunjungi situs ini kamu dapat hadiah menarik.