Brilio.net - Makanan pedas atau sambal yang biasanya menggunakan cabai sebagai bahan dasarnya adalah salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki negeri ini. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merasa makan nggak akan afdol tanpa sambal. Ya, keberadaan sambal bahkan memiliki keunikan dari setiap daerah lho.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan variasi sambalnya adalah Maluku. Udah pernah coba? Apa kamu malah belum tahu?

Jangan ngaku pecinta pedas kalau kamu belum nyobain sambal khas Maluku ini, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/5).


1. Sambal Colo Colo.

sambal maluku © 2016 brilio.net

Sambal ini merupakan salah satu kuliner yang paling dicari oleh wisatawan saat mengunjungi Ambon, Maluku. Terbuat dari tomat muda, cabai rawit, garam, jeruk nipis dan bawang merah yang diulek jadi satu.

Kemudian dicampurkan dengan daun kemangi dan rarontang serta kecap. Mantap banget nih, dinikmati bareng ikan bakar sambil menikmati suasana Maluku.


2. Sambal Kenari.

sambal maluku © 2016 brilio.net

Sepertinya masyarakat Maluku memang sangat suka dengan berbagai olahan sambal. Sambal berikutnya yang nggak kalah pedasnya adalah sambal kenari.

Ya, sambal kenari salah satu sambal khas Maluku yang terbuat dari cabai merah, kenari, bawang merah, buah lemon, gula pasir, terasi matang dan garam yang dicampur jadi satu. Wah, yummy!


BACA JUGA: Sambal-sambal ini diklaim paling pedas di dunia, kamu berani coba?


3. Sambal Pepaya.

sambal maluku © 2016 brilio.net

Bahkan di Maluku pepaya bisa dibuat sambal lho. Sambal pepaya terbuat dari buah pepaya muda, bawang merah, bawang putih, kenari, garam, terasi, lada dan lengkuas. Pepaya muda awalnya diiris tipis-tipis kemudian dicampurkan dengan garam, lalu diremas-remas hingga tercampur jadi satu dan dibilas bersih.

Barulah kemudian semua bahan ini awalnya dihaluskan baru dan ditumis dengan minyak. Nggak kebayang kan, gimana rasanya pepaya jadi sambal? Nah, kamu mesti coba nih. Sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan papeda!