Brilio.net - Banyak orang yang nggak suka jengkol karena baunya. Padahal, hal ini menjadi santapan yang beda bagi maniaknya. Apalagi jarang lho, tempat makan yang menyediakan menu yang satu ini. Bahkan nggak semua warteg menyediakan sajian yang super enak ini.

Jengkol nggak cuma diolah itu-itu saja lho. Banyak banget olahan bahan ini yang bikin lidah kamu manja karena enaknya nagih banget. Apa saja olahannya?

Berikut adalah daftarnya sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari Cookpad, Minggu (30/10).


1. Sambal jengkol pedas nyos.

olahan jengkol  © 2016 brilio.net

Jarang kan, makan menu ini? Biar lidahmu makin membara dengan rasa pedas, jangan lupa tambahin ikan teri dalam sambal ini. Masaknya mirip bikin sambal lainnya, hanya saja jengkol direbus terlebih dahulu. Jangan lupa tambahkan air asam serta lengkuas.


2. Rendang jengkol.

olahan jengkol  © 2016 brilio.net

Dijamin deh, menu ini susah buat gigi kamu untuk berhenti mengunyah. Untuk masaknya, mirip sih dengan rendang pada umumnya. Cuma ganti saja daging dengan jengkol.


3. Balado jengkol.

olahan jengkol  © 2016 brilio.net

Yang suka pedes, wajib banget kamu makan menu yang satu ini. Kalau ini sih, resepnya mudah banget dibandingkan dengan dua menu di atas. Tinggal campur-campur dengan cabai saja.


4. Semur jengkol.

olahan jengkol  © 2016 brilio.net

Kalau menu yang satu ini sudah akrab di lidah orang Indonesia. Rata-rata banyak tempat makan yang menyajikan semur enak ini.


5. Jengkol sambal ijo.

olahan jengkol  © 2016 brilio.net

Sudah pernah mencicipi yang satu ini? Dijamin deh, pedasnya beda dan lebih nendang dibandingkan dengan jengkol balado. Rahasianya adalah cabai hijaunya itu lho, yang bikin lidah kamu makin seger dan terus ketagihan.