1. Snowdrop (2021).

Film dan drama Korea pemberontakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowdrop merupakan drama Korea yang berlatar pemberontakan Gwangju sekaligus menjadi awal dari peristiwa Gerakan Demokrasi 1987. Gerakan tersebut menjadi salah satu sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan. Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil.

Drama ini hampir saja tidak bisa melanjutkan penayangannya karena dianggap mendistorsi sejarah. Walau begitu, Snowdrop yang tayang sampai episode 9 menjadi salah satu drama Korea yang hits di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

2. Youth of May (2021).

Film dan drama Korea pemberontakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Youth of May merupakan drama Korea berlatar pemberontakan Gwangju yang mengisahkan sekelompok pemuda beranjak dewasa di tengah periode peristiwa tersebut pada era 1980-an. Drama ini dibintangi oleh Lee Do-hyun dan Go Min-si.

Hee-tae (Lee Do-hyun) merupakan mahasiswa kedokteran yang mendapatkan nilai tertinggi di kelasnya. Ia merupakan orang yang santai tapi juga memiliki jiwa pantang menyerah. Hee-tae jatuh cinta dengan Myung-hee (Go Min-si), perawat yang selalu melawan ketidakadilan.

3. Parasite (2019).

Film dan drama Korea pemberontakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Parasite merupakan film Korea yang mengisahkan pemberontakan Keluarga Kim Ki-taek beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram. Suatu hari Kim Ki-woo, anak laki-laki tertua direkomendasikan Min-hyuk, sahabatnya yang tak lain adalah seorang mahasiswa di universitas bergengsi.

Ki-woo diminta untuk menjadi guru les yang dibayar mahal. Sampai suatu ketika, tawaran tersebut Ki-woo jalani dan menyamar sebagai mahasiswa Universitas Yonsei untuk bisa melamar pekerjaan di keluarga Park yang dikenal kaya raya. Pertemuan tersebut berjalan lancar dan membuat satu per satu keluarga Ki-woo juga diboyong ke rumah keluarga kaya ini dengan tipu muslihat. Film ini menjadi salah satu film dengan komedi gelap yang susah ditebak.

4. The March for My Love (2018).

Film dan drama Korea pemberontakan berbagai sumber

foto: asianwiki.com

The March for My Love merupakan film Korea mengisahkan pemberontakan Gwangju yang berlangsung selama Mei 1980. Chul-soo (Jun Soo-hyun) mengambil bagian dalam demonstrasi dan melarikan diri dari seorang detektif. Ia kemudian bertemu Myung-hee (Kim Chae-hee) yang mengambil jurusan seni. Myung-hee bertanya padanya dengan polos "apa menurutmu demonstrasi akan mengubah dunia?" Myung-Hee penasaran dengan apa yang Chul-soo perjuangkan.

Bertahun-tahun kemudian, pada Mei 2018, skizofrenia Myung-hee semakin memburuk dan menunjukkan kecemasan yang ekstrem. Hee-soo yang tak lain adalah putri Myung-hee tidak menyukai ibunya. Walau begitu, ia kemudian tahu apa yang menyebabkan ibunya sangat menderita.