Brilio.net - Salah satu tema menarik dalam jagad film Korea adalah tema tentang politik. Tema tersebut menampilkan berbagai kisah yang pernah ada dalam sejarah panjang Korea sejak memerdekakan diri dari Jepang.

Film Korea bertema politik ini juga menggambarkan bagaimana Korea Selatan dipimpin penguasa diktator. Kepemimpinan ini membuat Korea Selatan memiliki catatan sejarah kelam soal kemanusiaan.

Selain itu, film Korea bertema konspirasi politik tersebut hadir dengan nuansa thriller yang membuat penonton ikut berpetualang di dalamnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (8/4), berikut 7 film Korea bertema konspirasi politik, penuh intrik dan teka-teki.

1. The Man Standing Next (2020).

film Korea konspirasi politik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Man Standing Next merupakan film Korea bertema konspirasi politik yang mengisahkan transisi perjuangan demokrasi di Korea Selatan. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini menggambarkan saat Korea Selatan berada di bawah kendali Amerika Serikat secara politik pada menjelang akhir 1970-an.

Saat itu, Korea berada di bawah kendali mutlak Presiden Park yang mengendalikan KCIA, badan intelijen yang punya koordinasi langsung dengan Amerika. Film ini menampilkan manuver politik tingkat tinggi para elite Korea Selatan yang menjadi penanda meletusnya gerakan demokrasi di Korea Selatan pada era ini.

2. The Spy Gone North (2018).

film Korea konspirasi politik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Spy Gone North merupakan film Korea bertema konspirasi politik antara Korea Selatan dan Korea Utara. Film ini mengisahkan mata-mata Korea Selatan yang menyusup ke Korea Utara untuk mendapatkan informasi intelijen tentang rencana senjata nuklir negara itu. Peristiwa tersebut terjadi pada pertengahan 1990-an. Film ini berujung dengan pemeran utama menemukan pihaknya sendiri memanipulasi pemilihan politik negara dengan bantuan Korea Utara.