4. Forgotten (2017).

film Korea kisah kemiskinan berbagai sumber

foto: imdb.com

Forgotten merupakan film Korea yang mengangkat kisah kemiskinan saat seorang pemuda pindah ke rumah baru bersama orang tua dan kakak laki-lakinya pada 1997 sekaligus tahun-tahun krisis ekonomi di Korea Selatan. Suatu malam, ia menyaksikan saudaranya diculik dan hilang selama 19 hari.

Saudaranya tersebut kemudian secara tiba-tiba muncul kembali, tetapi sebagai orang yang berbeda. Namun, saat ia menyadari dirinya dalam keadaan bahaya, ia kemudian sadar bahwa ia bukan lagi ada di tahun 1997, melainkan berada di masa depan pada 2017. Setelah mengalami berbagai kebingungan, ia segera mencari tahu apa yang sedang menimpanya.

5. Luck Key (2016).

film Korea kisah kemiskinan berbagai sumber

foto: imdb.com

Luck Key merupakan film Korea yang mengangkat kisah kemiskinan yang dialami oleh Yoon Jae-sung, seorang aktor terkenal yang suka foya-foya tiba-tiba jatuh miskin dan tak mampu membayar uang sewa. Saat itu, ia diburu oleh Choi Hyung-wook, seorang pembunuh bayaran terkenal hebat. Saat di pemandian umum hanya bermodal sabun batangan, Hyung-wook tiba-tiba tergelincir dan membuatnya tak sadar.

Saat Hyung-wook tergelincir, Jae-sung pun mengganti kunci lokernya dan segera pergi. Saat Hyung-wook dilarikan ke rumah sakit oleh Kang Ri-na, seorang paramedis, Hyung-wook menemukan kunci lokernya dan menemukan identitas atas nama Jae-sung. Sejak itu, Hyung-wook yang hilang ingatan sudah berganti nama menjadi Yoon Jae-sung yang dikenal sebagai aktor miskin.

6. The Net (2016).

film Korea kisah kemiskinan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Net merupakan film Korea yang mengangkat kisah kemiskinan yang dialami oleh Nam Chul-woo, seorang nelayan miskin. Ia hidup sederhana di Korea Utara bersama istri dan putrinya. Suatu hari jaringnya tersangkut di mesin ikan dan dicurigai sebagai pembelot atau mata-mata ketika kapalnya secara tidak sengaja hanyut ke perairan Korea Selatan.

Nam Chul-woo kemudian diinterogasi dan mengalami berbagai pemukulan. Saat melakukan berbagai usaha untuk kembali ke keluarganya, Chul-woo sadar bahwa hidupnya tak lagi sama dan penuh berbagai rintangan.

7. Cart (2014).

film Korea kisah kemiskinan berbagai sumber

foto: imdb.com

Cart merupakan film Korea yang mengangkat kisah kemiskinan yang dialami oleh pekerja kontrak saat di phk dari sebuah supermarket. Sun-hee merupakan seorang kasir lama di perusahaan tersebut dan ibu dari dua orang anak. Sementara itu, Hye-mi merupakan seorang ibu tunggal yang selama ini hidup bersama anak-anaknya. Keduanya berteman baik dan bermimpi bahwa suatu saat akan dipromosikan sebagai pekerja tetap dan bisa memberikan kehidupan yang lebih layak untuk anak-anaknya.

Namun, mereka berdua tiba-tiba dipecat dan semua pekerja kontrak mengalami hal demikian. Merasa diperlakukan tidak adil, Hye-mi dan Sun-hee pun menggelar pemogokan bersama para pekerja yang lain. Mereka menggelar serangkaian protes dan berhasil mengajak berbagai elemen untuk bergabung. Walau begitu, perusahaan tempat mereka bekerja tidak tinggal diam dan melakukan penggembosan agar tekad para ibu pekerja tersebut padam.