Brilio.net - Drama Korea terpopuler sepanjang masa dalam lima tahun terakhir menampilkan beragam drama Korea dengan cerita-cerita unik. Mulai dari kisah tentang tetangga yang sudah hidup bertahun-tahun hingga anak-anak mereka pun saling bertema sampai kisah-kisah bertema survival.

Drama Korea terpopuler sepanjang masa hadir dengan alur plot cerita yang meyakinkan dan tidak membuat siapa pun yang menontonnya merasa bosan. Dialog-dialog yang dihadirkan pun memuat percakapan penting dan masuk akal sebagai sebuah jalinan cerita.

Selain itu, drama Korea terpopuler sepanjang masa merupakan drama-drama yang wajib ditonton dan tak boleh ketinggalan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (21/2), berikut 13 drama Korea terpopuler sepanjang masa, Reply 1988 menyentuh banget.

1. Squid Game (2021).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Squid Game merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang menjadi drama Korea populer pada 2021. Drama Korea yang mengisahkan orang putus asa yang memutuskan ikut dalam permainan mematikan. Para peserta sebanyak 456 orang berusaha sekuat tenaga mengikut permainan yang disediakan.

Permainan tersebut merupakan permainan anak-anak Korea yang sebenarnya sangat gampang. Namun, jika para peserta kalah, maka nyawa merekalah taruhannya. Drama ini menampilkan isu ketimpangan sosial yang hadir melalui permainan survival. Pada akhir episode, para penonton akan tahu bahwa orang kaya sering kali melakukan kesewenang-wenangan terhadap para orang miskin.

2. Vincenzo (2021).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang mengisahkan seorang Vincenzo Cassano atau yang mempunyai nama lain Park Joo-hyung. Karakter ini diperankan dengan baik oleh Song Jong-ki yang tampil sebagai seorang consigliere, pengacara mafia di Italia.

Namun karena sebuah persengketaan, ia kemudian kembali ke Korea Selatan dan bekerja sama dengan pengacara lain untuk menjatuhkan sebuah korporasi jahat guna melindungi para penyewa yang tinggal di Geumga Plaza. Drama ini berhasil menampilkan beragam adegan laga dan layak untuk ditonton kapan pun.

3. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang yang menceritakan sekelompok dokter berumur 40-an tahun di sebuah rumah sakit di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Mulai persoalan profesional di kedokteran maupun persoalan pribadi yang menyangkut perasaan mereka masing-masing. Diperankan oleh artis papan atas Korea, drama Korea Hospital Playlist ini ramai ditonton sampai musim kedua yang tayang pada 2021. Hospital Playlist berhasil meraih skor 9,2 di Mydramalist.

4. Itaewon Class (2020).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang menceritakan tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Meskipun menjadi narapidana, Sae-ro-yi kemudian membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang. Selain itu, ia punya tim yang kuat dan sudah dianggap sebagai sahabat sendiri. Itaewon Class berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.

5. The World of the Married (2020).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya.

Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee). Berhasil menghadirkan cerita yang menarik bagi banyak orang, The World of the Married meraih rating tertinggi sebesar 28,37% saat penayangannya. Sampai saat ini, rating tersebut belum ada yang melampauinya.

6. Sky Castle (2018-2019).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Sky Castle merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang bermula saat terjadi insiden bunuh diri Lee Myung-joo (Kim Jung-nan) seorang ibu yang dianggap sukses karena berhasil membawa anaknya Park Young-jae diterima di SNU. Namun, capaian tersebut dianggap Young-jae sebagai ambisi dari ayah dan ibunya.

Hal ini kemudian ibunya menjadi stres dan akhirnya bunuh diri. Sky Castle berhasil menghadirkan cerita yang cukup menarik sehingga menjadi tontonan yang cukup ramai ditonton saat perilisannya. Drama ini berhasil meraih rating sebesar 23,78% saat penayangannya.

7. My Mister (2018).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit. Di sela waktu tersebut, ia bekerja paruh waktu. Ia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan.

Ia dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi oleh karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain. Drama ini menjadi drama dengan rating 9,1 sekaligus tertinggi di IMDb. Selain itu, drama ini berhasil memenangkan Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-55.

8. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang berkisah saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine.

Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan.

9. Prison Playbook (2017-2018).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya.

Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan. Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

10. Guardian: The Lonely and Great God (2016-2017).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan. Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer.

Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.

11. Descendants of the Sun (2016).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa yang mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

12. Signal (2016).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea terpopuler sepanjang masa tentang perjalanan detektif yang dibungkus dengan cerita fantasi yang dialami oleh Park Hae-young (Lee Je-hoon). Hae-young menemukan sebuah walkie-talkie misterius yang membuat dirinya bisa memecahkan kasus yang sudah berusia 15 tahun.

Walkie-talkie tersebut menjadi alat penting baginya untuk mengungkap siapa pelaku dari kasus yang ditanganinya. Saking serunya drama ini, banyak penonton mengharapkan musim kedua untuk drama drama Signal.

13. Reply 1988 (2015-2016).

Drama Korea terpopuler sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah merupakan rekomendasi drama Korea terbaik kisah persahabatan dan keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga.

Kehidupan yang akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.