8. The Man from Nowhere (2010).

film Korea bertema noir berbagai sumber

foto: imdb.com

The Man from Nowhere merupakan rekomendasi film Korea bertema noir yang berkisah tentang Cha Tae-sik, seorang pegawai pegadaian yang dikenal sebagai seorang pendiam dan tinggal bersama seorang putri bernama So-mi yang tak lain adalah anak dari Hyo-jeong. Namun, di balik sikap dinginnya tersebut, Tae-sik punya rahasia besar yang tak banyak orang tahu.

Suatu hari, Tae-sik kembali harus berurusan dengan kelompok jaringan narkoba, sebuah dunia yang sudah ditinggalkannya bertahun-tahun lampau. Hyo-jeong terlibat dalam sebuah kasus pencurian heroin yang membuatnya dikejar-kejar oleh kelompok jaringan narkoba. Namun, heroin yang dibawanya disimpan di tas yang dibawa oleh Tae-sik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kemudian para geng narkoba tersebut meminta agar Tae-sik membawa tas tersebut.

Awalnya, Tae-sik tidak ingin menghiraukan. Namun, So-mi yang selama ini menjadi teman kecilnya, turut menjadi sandera dan membuatnya harus ikut terlibat lebih jauh. Hal ini kemudian membuat sosok Tae-sik yang tersembunyi selama ini muncul dan tampil dalam bentuk sebenarnya.

9. The Yellow Sea (2010).

film Korea bertema noir berbagai sumber

foto: imdb.com

The Yellow Sea merupakan rekomendasi film Korea bertema noir yang berkisah saat seorang sopir taksi setuju untuk memukul seorang profesor dengan imbalan utangnya lunas. Namun, ia segera menjadi buronan setelah pukulannya salah. Ia pun dikejar oleh polisi dan gangster yang memberinya tugas. Itulah yang terjadi pada Gu-nam, seorang sopir taksi di perbatasan Cina-Rusia-Korea Utara, di Yanbian.

Gu-nam ditugaskan untuk memukul seorang profesor dan akan diberi imbalan sebagai USD 10.000. Namun, tugas tersebut tak segera diselesaikannya dan bahkan ia sempat salah pukul orang. Hal ini membuatnya menjadi target mafia Korea dan mafia Cina yang juga memburu dirinya bersama para polisi.

10. Private Eye (2009).

film Korea bertema noir berbagai sumber

foto: imdb.com

Private Eye merupakan rekomendasi film Korea bertema noir yang berlatar pada masa akhir era Joseon. Film ini menceritakan Hong Jin-ho, seorang detektif yang berkeliling untuk menyelesaikan perselisihan keluarga karena hal sepele. Hal ini dilakukannya demi uang saku sebagai detektif swasta. Namun, ia juga bertekad untuk pergi ke Amerika suatu hari nanti dan menabung untuk biaya perjalanannya kelak.

Pada suatu malam, Gwang-soo, seorang dokter medis dalam pelatihan, menemukan mayat di hutan dan diam-diam membawanya untuk berlatih membedah. Namun mayat tersebut ternyata adalah putra dari pria paling berkuasa di Seoul. Saat berencana melarikan diri di tengah malam dan takut akan tuduhan pembunuhan, Gwang-soo bertemu Jin-ho, dan memintanya untuk menemukan si pembunuh. Ketika mayat lain muncul di hutan karena dibunuh dengan cara yang sama seperti korban pertama, Jin-ho dan Gwang-soo menggunakan selembar kain yang mereka temukan di mulut korban sebagai petunjuk yang mereka butuhkan untuk membawa mereka selangkah lebih dekat kepada pembunuhnya.

11. The Show Must Go On (2007).

film Korea bertema noir berbagai sumber

foto: imdb.com

The Show Must Go On merupakan rekomendasi film Korea bertema noir yang mengisahkan In-gu, seorang gangster sekaligus seorang suami dan ayah yang bermimpi memindahkan keluarganya dari apartemen menjemukan mereka ke rumah yang lebih besar.

In-gu dijauhi putrinya dan ditolak oleh istrinya untuk mendapatkan pekerjaan terhormat. Hal ini kemudian membuat In-gu tetap bertahan di jalan yang dipilihnya untuk menafkahi keluarga. Namun, kehidupan keluarga mulai menghalangi bisnis yang dikelolanya. In-gu bahkan diberi kepercayaan untuk menjadi penjaga teritorial. Pekerjaan tersebut semakin membuatnya sulit memilih antara kehidupan mafia yang brutal atau keluarganya yang dicintainya, tetapi begitu asing.