Brilio.net - Rekomendasi drama Korea terbaik selalu berhasil menjadi perhatian banyak orang. Sebab, rekomendasi tersebut merupakan drama pilihan yang memang layak tonton dengan beragam kisah di dalamnya.

Rekomendasi drama Korea terbaik tersebut hadir dengan beragam tema, salah satunya tema yang mengisahkan dinamika sebuah perusahaan media massa. Drama Korea tersebut hadir dengan bumbu kisah romantis maupun aksi laga yang penuh dengan baku hantam.

Selain itu, drama-drama tersebut berhasil menjadi terfavorit dan pilihan terbaik untuk drama yang mengisahkan berbagai dinamika perusahaan media dan pekerjanya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/2), berikut 11 rekomendasi drama Korea terbaik kisahkan media, cocok buat jurnalis.

1. Hush (2020-2021).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Hush merupakan drama Korea yang didasarkan pada novel Silence Warning karya Jung Jin-young yang terbit pada 2018. Drama ini mengisahkan Han Joon-hyuk, seorang reporter veteran di sebuah surat kabar di Korea Selatan. Ia memulai kariernya sebagai seorang reporter untuk idealisme yang amat ia junjung tinggi.

Namun, ia kemudian harus menghadapi hal-hal pragmatis yang sangat bertentangan dengan idealisme sebagai pekerja media. Selama di kantor, ia ditemani oleh Lee Ji-soo yang punya dedikasi yang cukup tinggi sebagai pekerja media. Drama ini menampilkan bagaimana dinamika ruang redaksi dengan segala persoalannya.

2. 18 Again (2020).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

18 Again berkisah tentang Jung Da-Jung yang menikah dengan Hong Dae-Young yang berusia 37 tahun. Mereka kemudian memiliki putra dan putri yang sudah berusia 18 tahun. Jung Da-Jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang hangat. Da-Jung benar-benar muak dengan Hong Dae-Young dan tidak dapat berurusan dengannya lagi. Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaan yang dibanggakannya dan dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-Jung menyerahkan surat cerai pada Dae-Young.

Sementara itu, Hong Dae-Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali hidupnya. Saat melamunkan hal tersebut, tubuhnya berubah menjadi orang berusia 18 tahun, sementara pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae-Young adalah pemain bola basket yang sangat baik dan juga populer. Sekarang, dengan tubuhnya yang berusia 18 tahun kembali, ia mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani kehidupan baru.

3. Find Me In Your Memory (2020).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Find Me In Your Memory berkisah tentang Lee Jung-hoon, seorang pembawa berita Live News yang mengidap hyperthymesia. Hyperthymesia membuatnya memungkinkan untuk mengingat hampir setiap momen dalam hidupnya. Kemampuan tersebut sering kali membuatnya pusing karena bisa mengingat kejadian apa pun yang ia alami.

Sementara itu, Jung-hoon kemudian bertemu dengan Yeo Ha-jin, seorang aktris papan atas yang sudah mampu melupakan masa lalunya. Pada suatu waktu, mereka saling bercerita tentang kehidupan mereka yang kemudian membuat satu sama lain merasa nyaman dan menjadi sepasang kekasih.

4. Argon (2017).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Argon berkisah tentang Kim Baek-jin, seorang pembawa berita yang perfeksionis, reporter, dan pimpinan program berita yang bernama Argon. Baek-jin tidak menolerir kesalahan apa pun dan ia hanya ingin mengandalkan fakta yang ditemukan.

Sementara itu, Lee Yeon-hwa, seorang reporter kontrak yang baru saja ditugaskan menjadi tim produksi Argon. Ia berjuang sebaik mungkin di program tersebut agar menjadi reporter tetap. Baek-jin bekerja dengan ketat membuat Yeon-hwa tertempa menjadi seorang wartawan yang tangguh.

5. Distorted (2017).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Distorted berkisah tentang Han Moo-young yang berusaha untuk mengungkap kebenaran dari pembunuhan rekan reporter yang disaksikannya langsung. Ia mencoba menggali semua data terkait hingga membawanya pada sebuah skandal korupsi yang luar biasa besar.

Moo-young ditemani Lee Seok-mi, seorang jurnalis yang skeptis atas setiap bukti yang ia temukan dan juga Kwon So-ra, seorang jaksa perempuan yang punya dedikasi tinggi untuk mengungkap kebenaran. Mereka bekerja sesuai bidang mereka masing-masing untuk menemukan siapa di balik skandal korupsi yang sudah menewaskan rekan jurnalis mereka.

6. Don't Dare to Dream (2016).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Don't Dare to Dream atau yang berjudul Jealousy Incarnate ini mengisahkan cinta segitiga yang rumit antara Pyo Na-ri (Gong Hyo-jin), pembawa berita, Lee Hwa-shin (Jo Jung-suk), adalah rekan lama di stasiun penyiaran SBC, dan Go Jung-won (Go Kyung-pyo), pewaris chaebol dan teman dekat Hwa-shin.

Walaupun begitu, ternyata kedekatan Hwa-shin dan Jung-won tak terbantahkan sehingga membuat mereka lebih sering bersama daripada mengejar perempuan yang mereka cintai. Hwa-shin dan Jung-won lebih memilih persahabatan mereka daripada cinta yang kemudian berpotensi membuat hubungan tersebut retak.

7. The Producers (2015).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

The Producers mengisahkan Baek Seung-chan yang memutuskan untuk bekerja di divisi hiburan televisi KBS karena diam-diam naksir dengan salah satu karyawan perusahaan tersebut. Pada hari pertamanya bekerja, Seung-chan menjalani pelatihan, tetapi mengalami kesulitan dengan PD Ye-jin, produser program musik "Music Bank". Drama ini menampilkan aktivitas para pekerja media televisi di sebuah kantor di Korea Selatan yang penuh dengan hiruk pikuk obrolan soal pekerjaan hingga soal kisah cinta di antara mereka.

8. Misty (2018).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Misty mengisahkan Go Hye-ran (Kim Nam-joo), seorang pembawa berita yang terduga terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan. Tanpa diduga, yang menjadi penasihat atau kuasa hukumnya adalah Kang Tae-wook, suaminya sendiri. Walaupun tampak mudah, pernikahan mereka pun berada di ambang yang mengkhawatirkan.

9. Pinocchio (2014).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Pinocchio merupakan drama Korea romantis yang mengisahkan Choi In-ha, yang punya sindrom pinocchio atau saat ia berbohong mengalami cegukan parah yang tak bisa diatasi dengan minum air. Drama ini menampilkan realitas media massa bekerja di Korea Selatan yang penuh dengan manipulasi. Jika ingin menguasai opini publik, maka kuasai media massa menjadi jalan yang tepat.

Selain itu, drama ini sangat cocok ditonton oleh mahasiswa jurusan Komunikasi dan juga para penggiat jurnalistik seperti wartawan. Drama ini mengisahkan kehidupan orang-orang yang bergelut di dunia media massa dengan segala dinamikanya.

10. Healer (2014).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Healer mengisahkan insiden beberapa dekade silam yang melibatkan sebuah grup pertemanan yang berbeda mencoba memecahkan sebuah kasus. Seorang pria pesuruh yang misterius dengan codename "Healer" (Ji Chang-wook) yang memiliki skill beladiri yang hebat, seorang reporter dari tabloid kelas dua (Park Min-young), dan seorang jurnalis terkenal dari stasiun penyiaran besar (Yoo Ji-tae). Mereka bertiga bekerja sama untuk memecahkan semua teka-teki kasus dan bersiap menghadapi semua konsekuensi yang akan terjadi.

11. Nine: 9 Times Time Travel (2013).

drama Korea kisah media berbagai sumber

foto: imdb.com

Nine: 9 Times Time Travel mengisahkan Park Sun-woo, seorang pembawa berita di sebuah stasiun TV mengalami sebuah tragedi yang menimpa keluarganya. Tragedi tersebut membuatnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke masa lalu untuk membalas dendam keluarganya ke 20 tahun yang lalu.

Pada masa tersebut, Sun-woo dan Min-young ada di sebuah bandara di Nepal. Sun-woo akhirnya mengaku bahwa ia sangat mencintai Min-young, walau cintanya tersebut tak dihiraukan. Sun-woo kemudian pergi ke kantor polisi untuk memastikan kakak laki-lakinya yang meninggal secara misterius.