Brilio.net - Drama Korea kolosal menjadi salah satu sub genre drama yang banyak mengisahkan kehidupan pada saat Korea masih berbentuk kerajaan. Salah satu masa kerajaan terpanjang di Korea adalah kerajaan Dinasti Joseon sebelum akhirnya Korea masuk pada babak kolonialisme Barat.

Drama-drama tersebut menampilkan dinamika kehidupan di kerajaan yang penuh intrik dan sangat pelik serta kompleks. Walaupun begitu, pada saat yang sama sering kali kisah cinta menjadi hal yang membuat konflik tersebut berjalan dengan seru.

Drama Korea kolosal tampil dengan beragam karakter pendukung yang cukup banyak dan membuat drama tersebut hadir begitu ramai. Namun, hal itu tak membuat setiap cerita yang dihadirkan kehilangan fokusnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/1), berikut 11 drama Korea kolosal kisah konflik kerajaan, penuh intrik dan cinta.

1. Royal Secret Inspector & Joy (2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Secret Royal Inspector & Joy merupakan drama yang mengisahkan agen rahasia kerajaan yang berasal dari rakyat jelata pada era Dinasti Joseon. Karakter Ra Ian, seseorang bernasib mujur karena mengemban amanah raja yang didambakan banyak orang.

Dalam perjalanan kisahnya, Ra Ian akan bertemu dengan Kim Joy, seorang perempuan tangguh yang dengan bangga sudah bercerai dengan suaminya yang kasar dan tak bisa diandalkan. Drama Korea ini berhasil mendapatkan sambutan meriah saat pertama kali tayang karena hadir dengan cerita yang menarik.

2. The Red Sleeve (2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea The Red Sleeve mengisahkan seorang putra mahkota bernama Yi San (Lee Jun-ho atau Junho 2PM) yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna. Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan.

Drama Korea The Red Sleeve menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditonton dan berhasil memuncaki drama Korea terpopuler pada awal Desember 2021. Capaian ini tentu saja berkat kerja keras semua pihak yang berhasil menampilkan cerita yang menarik, tidak hanya bagi masyarakat Korea Selatan, melainkan juga untuk seluruh penggemar drama Korea di seluruh dunia.

3. River Where The Moon Rises (2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

River Where The Moon Rises didasarkan pada novel Princess Pyeonggang 2010 karya sutradara dan penulis skenario Choi Sagyu yang mengisahkan cinta antara Putri Pyeonggang dan On Dal, karakter dari cerita rakyat klasik Goguryeo. Dalam drama ini, diceritakan Putri Pyeonggang (Kim So-hyun) terlahir sebagai seorang putri, tetapi dibesarkan sebagai seorang pembunuh.

Setelah mengetahui kebenaran asal-usulnya, dia berjuang untuk memenangkan kembali negaranya dan tahta yang sah. Seorang pria yang cinta damai, On Dal (Na In-woo) adalah kebalikan dari putri prajurit. Namun, saat keduanya saling jatuh cinta, On Dal mengabaikan prinsip untuk menjaga keselamatannya. Upaya mereka berdua semakin sulit saat mendapati mendapati semua orang ingin bertempur untuk merebut tahta yang bukan hak mereka.

4. The King's Affection (2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

The King's Affection mengisahkan nasib anak yang kembar yang harus berjuang agar tetap hidup. Berlatar dinasti Joseon, seorang Permaisuri Putri Mahkota (Park Eun-bin) melahirkan anak kembar yang berbeda jenis kelamin. Menurut kepercayaan saat itu, bayi perempuan harus dibunuh untuk menghindari kutukan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Sang permaisuri kerajaan kemudian melakukan cara apa pun untuk membawa keluar putrinya dari istana dan membiarkan putranya hidup di lingkungan istana. Sampai suatu ketika, sang putra meninggal dunia dan sang permaisuri meminta putrinya yang dulu diselamatkan kembali ke istana dengan menyamar sebagai putranya.

5. Lovers of the Red Sky (2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel sejarah karya Jung Eun-gwol, drama Korea Lovers of the Red Sky menjadi drama terbaik yang tayang di VIU pada 2021 ini. Drama ini merupakan drama sejarah fantasi romantis tentang satu-satunya pelukis wanita di era fiksi dinasti Dan, yang tercatat secara singkat dalam catatan sejarah.

Drama ini mengisahkan Hong Cheon-gi, seorang pelukis wanita cerdas yang lahir dalam keadaan buta dan bisa melihat kembali saat dirinya dewasa. Ia hidup dan merawat ayahnya yang sedang sakit mental dan membelikan obat untuknya dengan menjual lukisan. Suatu hari, Cheon-gi bertemu dengan Ha Ram, seorang pria bermata merah yang kehilangan penglihatannya sejak kecil saat kecelakaan dalam sebuah ritual mendatangkan hujan. Ia kemudian bertemu dengan Cheon-gi yang tak pernah tahu langsung siapa orang yang sangat peduli dengannya.

6. King Maker: The Change of Destiny (2020).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

King Maker: The Change of Destiny mengisahkan kehidupan Choi Chun-joong, seorang pembaca wajah terbaik di Joseon yang dilahirkan dari keluarga terpandang, tetapi seluruh keluarganya terbunuh dalam sebuah kejadian. Hal ini kemudian membuatnya dipandang rendah sebagai perama. Walaupun begitu, ia punya cita-cita untuk mengubah Joseon agar lebih baik.

Hingga akhirnya Chun-joong bertemu dengan Lee Bong-ryeon, seorang putri Raja Cheoljong yang mempunyai kemampuan khusus untuk melihat nasib orang lain. Kemampuan tersebut menjadi berkah sekaligus kutukan baginya. Bong-ryeon punya misi yang sama dengan Chun-joong yang akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta dan menikah. Chun-joong mengabdikan seluruh hidupnya kepada Bong-ryeon yang dicintainya bersama masa depan Joseon yang lebih baik.

7. Mr. Queen (2020-2021).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari Dinasti Joseon.

Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan. Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit.

8. Secret Royal Inspector (2020).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Secret Royal Inspector berkisah tentang Sung Yi-gyum, seorang pencetak gol terbanyak saat ujian negara dan bekerja di departemen administrasi dan penelitian kantor pemerintah. Yi-gyum kemudian ditangkap pihak keamanan saat berjudi.

Kejadian tersebut membuatnya ditugaskan kembali menjadi inspektur rahasia kerajaan untuk menyelidiki praktik korupsi pejabat publik. Yi-gyum bekerja dengan bantuan Hong Da-in, seorang inspektur wanita dan Park chun-sam, pelayannya yang banyak bicara, tetapi punya rasa penyayang yang kuat.

9. Tale of Nokdu (2019).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Tale of Nokdu berkisah dengan latar dinasti Joseon dan menceritakan tentang seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita untuk memasuki desa misterius khusus wanita. Hal ini dilakukan guna mencari kebenaran tentang kelahirannya.

Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan seorang wanita muda yang tidak ingin menjadi kisaeng atau wanita penghibur agar bisa membalas dendam pada keluarganya.

10. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower Crew: Joseon Marriage Agency mengisahkan Ma Hoon, Young-soo, dan Do Joon, kelompok agensi pernikahan paling sukses di Joseon bernama Flower Crew. Lee Soo, putra seorang pandai besi, ingin menikahi temannya Gae-ttong, seorang gadis supel dan periang, dan meminta Flower Crew untuk membantunya mengatur pernikahan.

Namun, Ma Hoon, pemimpin Flower Crew, terus menerus menolaknya hingga akhirnya dia melihat hati Lee Soo yang tulus untuk Gae-ttong dan setuju untuk mengatur pernikahan mereka. Pada hari pernikahan, Lee Soo ditangkap dan dipilih sebagai Raja Joseon secara tiba-tiba. Kelompok agensi ini pun mengalami krisis pemimpin dan membuat mereka harus menjalankan pekerjaan tersebut tanpa Ma Hoon.

11. Gunman in Joseon (2014).

Drama Korea kolosal kerajaan intrik berbagai sumber

foto: imdb.com

Gunman in Joseon berkisah ketika Dinasti Joseon berada saat akhir kekuasaannya pada abad ke-19. Dalam drama ini, dikisahkan bahwa Park Yoon-kang adalah putra dari seorang pendekar di Joseon. Ayah dan adiknya terbunuh dalam sebuah peristiwa yang tak pernah ia lupakan seumur hidup.

Yoon-kang kemudian bertekad untuk membalaskan dendam kematian tersebut. Ia kemudian menukar pedangnya dengan senapan tuas buatan Barat yang saat itu sudah mulai masuk ke Joseon dan ingin menguasai Negeri Ginseng tersebut.

(brl/red)

(brl/red)