Brilio.net - Proses produksi drama Korea merupakan salah satu elemen penting yang bisa mengeluarkan biaya cukup mahal. Selain kebutuhan properti dan beragam alat yang diperlukan, biaya tersebut juga digunakan untuk membayar para pemain yang memang bayarannya tinggi.

Karena itu, drama Korea berbiaya produksi termahal tersebut berusaha sekeras mungkin untuk menampilkan karya drama Korea terbaiknya. Tidak hanya terkait plot cerita, melainkan juga kualitas tayangan yang dihadirkan dalam layar kaca.

Sebab, bila hal tersebut tidak diperhatikan, maka drama Korea tersebut berada dalam pertaruhan yang sulit diprediksi, terutama dari segi keterjangkauan audiens yang akan menontonnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (1/4), berikut 11 drama Korea berbiaya produksi termahal, ada sampai Rp 600 miliar.

1. Moving (2022).

drama Korea produksi mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Moving merupakan drama Korea berbiaya produksi termahal yang menghabiskan biaya sebesar 50 miliar won atau sekitar Rp 591,5 miliar. Drama ini didasarkan dari webtoon Eponymous karya Kang Full. Drama ini mengisahkan hal supernatural yang berhubungan dengan tiga siswa sekolah menengah remaja dan orang tua mereka yang menemukan kekuatan super.

Drama ini bermula saat Kim Bong-seok, Jang Hee-soo, dan Lee Gang-hoon bersekolah di sekolah menengah yang sama. Mereka terlihat seperti siswa biasa, tetapi memiliki kemampuan khusus yang mereka warisi dari orang tuanya. Kim Bong-seok memiliki kemampuan untuk terbang. Jang Hee-soo memiliki kemampuan atletik yang sangat baik dan ia dapat dengan cepat pulih dari cedera, seperti ditembak atau ditikam. Lee Gang-hoon memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Ketiga siswa ini berusaha menyembunyikan kemampuan khusus mereka dari orang lain, sementara orang tua mereka berjuang untuk melindungi anaknya agar tidak digunakan oleh orang lain.

2. Bulgasal: Immortal Souls (2021-2022).

drama Korea produksi mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Bulgasal: Immortal Souls merupakan drama Korea berbiaya produksi termahal yang menghabiskan biaya sebesar 40 miliar won atau setara dengan Rp 473,9 miliar. Bulgasal: Immortal Souls mengisahkan legenda bulgasal, seorang manusia yang menjadi makhluk mitologi dalam cerita rakyat Korea. Bulgasal diceritakan akan memakan darah manusia dan dikutuk hidup abadi. Bulgasal tidak dapat dibunuh dan bahkan membunuh orang lain.

Dalam drama ini, diceritakan bahwa Dan Hwal yang sudah menjadi bulgasal mencari seorang perempuan yang konon bisa membuatnya bereinkarnasi dan lepas dari kutukan bulgasal. Perempuan tersebut adalah Min Sang-woon yang dulunya bulgasal dan kini menjadi orang paling dicari oleh Dan Hwal agar ia juga bisa lepas dari jeratan kutukan ratusan tahun.

3. Snowdrop (2021-2022).

drama Korea produksi mahal berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowdrop merupakan drama Korea berbiaya produksi termahal yang menghabiskan biaya sebesar 32 miliar won atau setara Rp 379,4 miliar. Drama ini mengambil latar peristiwa Gerakan Demokrasi 1987 yang menjadi salah satu sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan. Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil.

Drama ini hampir saja tidak bisa melanjutkan tayang karena dianggap mendistorsi sejarah. Walaupun begitu, Snowdrop berturut-turut sampai penayangan episode 9 menjadi salah satu drama Korea yang cukup hits di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

(brl/red)