drama Korea terbaik borong penghargaan  berbagai sumber foto: imdb.com

My Love From The Star membawa pulang 39 piala dari 78 nominasi. Drama ini mengisahkan Do Min-joon (Kim Soo-hyun) seorang alien yang mendarat di bumi pada masa Dinasti Joseon. Dia terdampar di bumi ditinggalkan kawanannya setelah menolong seorang gadis. Dia terdampar di bumi selama empat abad dan tampil sebagai manusia biasanya. Setiap sepuluh tahun sekali, dia harus berganti profesi.

Sampai kemudian Min-joon bertemu dengan Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun), seorang anak sekolah yang angkuh dan terkenal di media sosial karena sikapnya. Pertemuan tersebut membuat Min-joon tak lagi merasa kesepian karena kehadiran Song-yi.

3. When The Camellia Blooms (2019).

drama Korea terbaik borong penghargaan  berbagai sumber foto: imdb.com

When The Camellia Blooms memborong 29 piala dari 60 nominasi. Pencapaian ini membuat drama When The Camellia Blooms menempati urutan ketiga sebagai drama yang meraih penghargaan terbanyak.

When the Camellia Blooms mengisahkan kehidupan Dong-baek (Gong Hyo-jin) yang menjalankan sebuah bar restoran bernama Camellia di Ongsan. Dia selalu menjadi sasaran gosip karena menjadi seorang ibu tunggal dan menyajikan minuman keras untuk pria. Terlepas dari semua gosip yang tidak perlu tersebut, petugas polisi Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) jatuh cinta dengan Dong-baek.

Sementara itu, Kang Jong-ryeol (Kim Ji-seok), seorang pemain bola basket yang pernah menjadi mantannya kembali lagi ke kehidupannya. Saat Dong-baek ingin menemukan kebahagiaan hidupnya, tiba-tiba dia menjadi target seorang pembunuh berantai. Kedua pria tersebut kemudian terjebak dalam cinta segitiga sekaligus sama-sama berusaha menyelamatkan Dong-baek dari target pembunuhan selanjutnya.

4. Guardian: The Lonely and Great God (2016-2017).

drama Korea terbaik borong penghargaan  berbagai sumber foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau yang dikenal dengan judul Goblin berhasil membawa pulang 26 piala dari 46 nominasi yang sudah diraih. Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan.

Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer. Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.

5. The Heirs (2013).

drama Korea terbaik borong penghargaan  berbagai sumber foto: imdb.com

The Heirs merupakan drama Korea terbaik yang berhasil borong penghargaan dengan capaian memuaskan, 23 piala dari 49 nominasi yang diraih. The Heirs mengisahkan penolakan Kim Tan yang diperankan oleh Lee Min-ho saat hendak dijodohkan dengan Rachel Yoo yang diperankan oleh Kim Ji-won, walaupun sama-sama berasal dari keluarga konglomerat.

Perjodohan tersebut menjadi salah satu langkah keluarga besar untuk menyelamatkan dan mewarisi kerajaan bisnisnya. Namun, sejak Kim Tan menolak, hubungan ini pun tak berlanjut dan punya cerita yang lain. Mereka berdua sama-sama mempunyai orang lain yang dicintainya.