×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Restoran cepat saji ini berbagi keceriaan di antara gunung sampah

View Image

0

BRILIO » Komunitas

Restoran cepat saji ini berbagi keceriaan di antara gunung sampah

foto-foto: Brilio.net/Yani Andryansjah

Mereka belajar sambil bermain, aroma sampah yang menyengat tak jadi penghalang

26 / 02 / 2019 07:45

Brilio.net - Aroma sampah yang menusuk hidung tak membuat keceriaan puluhan anak memudar saat menyambut para tamu yang datang ke tempat mereka. Mengenakan kaos seragam yang bagian belakangnya tertulis “The Best Dump Ever”, anak-anak yang tinggal di dalam lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi ini justru sangat ramah menyambut para tamu.

Begitulah pemandangan yang terlihat saat anak-anak yang sehari-hari beraktivitas di Bantar Gebang Biji-biji (BGBJ) menyambut kedatangan rombongan Tim CSR McDonald’s Indonesia dan sejumlah relawan dalam kegiatan Restaurant Support Centre (RSC) Goes To Bantar Gebang, Minggu (24/2).

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netAssociate Director of Communication McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka (tengah bertopi) memimpin rombongan tiba di Bantar Gebang.

Rombongan yang dipimpin Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka dan Associate Director of Human Resources & General Services McDonald's Indonesia Yan Wibisono ini sengaja datang ke TPST Bantar Gebang untuk berbagi keceriaan dengan anak-anak yang tinggal disekitar tempat pembuangan sampah tersebut.

Dalam acara yang merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Coorporate Social Responsibility/CSR) ini, McDonald’s Indonesia bukan hanya membagikan puluhan meja belajar, mainan dan alat tulis kepada anak-anak. Tapi tim mereka juga berbagi keceriaan dengan cara bermain bersama sambil memberikan edukasi. Yang beruntung bisa mendapatkan mainan.

Loading...

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netAnak-anak BGBJ serius banget menyimak penjelasan Resa Boenard ketika menyambut para tamu.

“Kita sengaja datang ke sini (Bantar Gebang) untuk berbagi keceriaan bersama teman-teman kecil kita. Semoga apa yang kita berikan bisa bermanfaat. Yang terpenting, kita semua di sini bisa merasakan kebahagiaan,” ujar Sutji yang disambut gembira anak-anak.

Kegiatan ini sekaligus ingin memberikan kepercayaan diri pada anak-anak di lokasi yang setiap hari menerima sekitar 7 ribu ton sampah tersebut. Tujuannya, agar anak-anak dari Bantar Gebang punya kesempatan yang sama dengan anak-anak lain.

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netSalah satu pendiri BGBJ Resa Boenard (kiri) menerima bantuan meja belajar dari Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka di acara berbagi ceria McDonald's

“Potensi, bakat, bintang-bintang bersinar bisa muncul dari mana saja termasuk dari Bantar Gebang. Jadi jangan berkecil hati. Saya sangat mengapresiasi adanya sanggar BGBJ yang bisa membuka kesempatan bagi anak-anak di sini. Yang lulusan SMA bisa koq melamar pekerjaan di McDonald’s,” ujar Associate Director of Human Resources & General Services McDonald's Indonesia, Yan Wibisono.

Sebagai informasi, BGBJ adalah komunitas yang diinisiasi salah satu pendirinya, Resa Boenard merupakan tempat belajar bagi anak-anak Bantar Gebang agar mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik. Maklum, selama ini banyak anggapan anak-anak yang tinggal di lokasi pembuangan sampah itu selalu dipandang sebelah mata.

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netAnak-anak BGBJ juga punya potensi dan kesempatan yang sama untuk meraih sukses.

Mereka yang hidup di tengah gunungan sampah selalu mendapat stigma sebagai generasi yang tak punya masa depan. Karena itu, lewat BGBJ yang sejatinya sebuah sanggar edukasi, Resa ingin membuktikan bahwa anak-anak dari Bantar Gebang bisa sukses.

Resa, yang lahir dan besar di Bantar Gebang ingin mengangkat harkat mereka. Karena itu ia menamakan sanggarnya BGBJ, lantaran anak-anak Bantar Gebang dinilai sebagai biji atau benih yang dapat tumbuh subur dengan cinta dan perawatan yang tepat hingga menjadi pohon yang kuat.

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netSejumlah volunteer McDonald's Indonesia berbagi keceriaan bersama anak-anak BGBJ

Resa menuturkan misi utama dari komunitas yang dibentuknya bersama temannya asal Inggris, John Deviln, adalah untuk mengubah pola pikir orang banyak tentang Bantar Gebang lewat pendidikan anak-anak pemulung Bantar Gebang.

“Kita di sini ingin memberikan motivasi anak-anak bahwa Bantar Gebang bukan akhir cerita hidup mereka. Bantar Gebang adalah jendela atau pintu bagi mereka untuk melihat dunia lain. Nantinya mereka bisa punya harapan hidup yang lebih baik,” kata Resa.

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netAnak-anak BGBJ yang juga punya mimpi untuk hidup yang lebih baik

Keceriaan anak-anak BGBJ tak sampai di situ. Mereka juga diajak menikmati sajian makanan cepat saji di Restoran McDonald’s Mustika Jaya yang letaknya tak jauh dari Bantar Gebang.

Di sini mereka disambut ikon McDonald’s. Siapa lagi kalau bukan Ronald McDonald. Mereka begitu antusias ketika Ronald berbagi cerita keceriaan disambung permainan sulap Ronald.

McD Bantar Gebang © 2019 brilio.netBegini cara Ronald McDonald menyambut anak-anak BGBJ di McDonald's Mustika Jaya, Bekasi.

Setelah itu mereka pun menikmati kelezatan menu yang disajikan. Namun, waktu juga yang akhirnya menyudahi keceriaan anak-anak Bantar Gebang ketika mereka harus kembali pulang ke “istana” mereka, The Kingdom of BGBJ sambil menenteng menu McDonald’s yang mereka bawa pulang. Ya, kegembiraan itu sederhana dan menjadi hak semua anak di Indonesia, termasuk mereka yang hidup di antara gunung sampah. 

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more