Brilio.net - Mendengar kata 'yoyo', yang pertama ada di benak kamu tentunya adalah mainan zaman dulu yang sering sekali kamu mainkan, terutama kamu para cowok. Tetapi ketika mendengar 'yoyo' di Yogyakarta, kamu akan teringat dengan Yoyo Gank Jogja, atau YOGJO.

Yoyo Gank Jogjakarta (YOGJO) didirikan untuk berbagi ilmu dan pengembangan agar lebih lihai dalam bermain yoyo. Komunitas Yoyo Gank Yogyakarta beranggotakan pelajar (SMP dan SMA) dan mahasiswa. Didirikan pada tanggal 3 Juli 2010, komunitas yang satu ini telah berganti nama dari yang awalnya bernama Jogja Yoyo Club (JYC) menjadi Yoyo Gank Jogjakarta (YOGJO).

Nggak cuma naik-turun, ada banyak trik main yoyo yang bisa dipelajari

Nggak cuma naik-turun, ada banyak trik main yoyo yang bisa dipelajari

BACA JUGA: Permainan masa kecil yang selalu dirindukan

Loading...

"Dulu diinisiatori oleh Mas Solihin, Mas Taufik, dan Mas Arif. Belia bertiga bertemu di FJB Kaskus waktu itu," ujar Faishal Khoiruddin (21), salah satu player yoyo yang juga punggawa Yoyo Gank Jogja kepada brilio.net, Rabu (20/1).

Komunitas ini sekarang memiliki member aktif sekitar 15 orang. Mereka biasanya melakukan gathering di bunderan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta setiap Sabtu pukul 16.00 WIB. Di acara gethering tiap akhir pekan tersebut, para member Yoyo Gank Jogja saling sharing tentang trik-trik yoyo hingga sharing tentang event-event bertemakan yoyo.

"Kegiatan kita banyak. Dari acara gathering, sampai diminta mengisi acara, juga ikut kompetisi-kompetisi yoyo baik yang bertemakan regional maupun nasional," tambah Faishal.

Yoyo Gank Jogja memang telah beberapa kali menggelar acara berupa kontes. Seperti pada tahun 2013, komunitas ini menyelenggarakan acara YOGJO Mini Contest di Taman Kuliner Pringwulung Yogyakarta. Disusul tahun 2014, mereka mengadakan acara yang sama, yakni YOGJO Mini Contest di Universitas Kristen Duta Wacana Yogayakarta. Dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas yang mempunyai satu-satunya player yoyo aktif perempuan yang bernama Alma ini.

"Kita juga pengen memperkenalkan bahwa yoyo itu ada banyak trik, dan dikategorikan jadi lima macam divisi. Yaitu divisi 1a, 2a, 3a, 4a, dan 5a," kata Faishal, cowok yang telah bergabung dengan Yoyo Gank sejak tahun 2013 ini.

Lelaki yang kini tengah menempuh pendidikan di Universitas Islam Indonesia tersebut juga menambahkan bahwa masing-masing divisi memiliki keunikan dan trik tersendiri. 1a adalah divisi finger trick, 2a adalah permainan dengan looping, 3a adalah trik seperti 1a tetapi dimainkan dengan dua tangan, 4a adalah trik yang membuat seolah tali tidak tersangkut dengan yoyonya, dan 5a adalah trik yang menggunakan bandul.

"Harapannya, teman-teman yang ingin mengenal yoyo bisa menghubungi kita di Instagram @yoyogankjogja, atau Twitter @yoyogankjogja, atau bisa juga langsung datang di bunderan UGM pas gathering Sabtu sore," imbuhnya.