Brilio.net - Banyak cara untuk menjadi sehat, bahkan dari berbagai sudut dunia juga punya tips caranya hidup sehat. Bukan cuma sehat, tapi juga bahagia. Seperti yang dimiliki Negeri Matahari Terbit. Jepang memiliki teknik seni penyembuhan yang sudah berusia 5.000 tahun! Namanya Jin Shin Jyutsu.

Jin Shin Jyutsu adalah seni penyembuhan holistik tubuh dengan menekan titik-titik tubuh, terkhusus jari-jari. Cara ini sendiri telah dibuktikan oleh tim peneliti dari University of Kentucky Markey Cancer Center, Amerika Serikat untuk membuat pasien kanker mengalami penurunan stres, nyeri, dan mual. Mereka juga menemukan bahwa pasien yang memiliki nyeri dan mual parah adalah pasien yang menerima terapi ini lebih lama.

Pembuktikan dari tim University of Kentucky Markey Cancer Center bukan satu-satunya contoh, sebuah studi kasus dilakukan oleh Kaiser Permanente Northwest Center for Health Research, Portland, Amerika Serikat, mencoba menerapkan Jin Shin Jyutsu kepada pasien multiple myeloma. Multiple myeloma adalah sejenis kanker yang menyerang sel plasma (semacam sel darah putih) pada tulang sumsum penderita.

Hal ini menyebabkan pasien menderita anemia, nyeri tulang, penurunan kekebalan tubuh, bahkan bisa sampai patah tulang. Nah, walaupun si pasien berisiko tinggi mengalami mukositis (sariawan) karena kemoterapi, pasien hanya mengalami mukositis ringan sekali. Dia juga tak terlalu mual lagi selama di rumah sakit. Justru dia mual ketika tak mendapatkan terapi tersebut.

Jin Shin Jyutsu dapat bekerja efektif karena semua bagian tubuh kamu terhubung satu sama lain, termasuk dengan jari-jari. Ketika salah bagian tubuh sakit, maka seluruh tubuh bisa saja merasakannya. Nah, jemari tanganmu itu juga berhubungan dengan organ tubuh dan emosi. Jadi, kalau terjadi masalah dengan kesehatan emosi, kamu patut mencoba terapi sederhana ini.

Loading...

Sebagaimana dikutip brilio.net dari Lifehack, Sabtu (16/4), berikut cara penerapan Jin Shin Jyutsu:

1. Jempol.

sidik jempol © 2016 brilio.net

Memijit jempol atau ibu jari bisa membantu melepaskan sesuatu yang sudah berlalu. Terkadang sesuatu yang telah terjadi membekas di benak dan bikin stres dan khawatir. Inilah fungsi memijit jempol, melepas stres dan khawatirmu. Kamu akan lebih tenang, merasa lebih percaya diri, dan bisa tidur nyenyak. Dengan begitu, energimu menjalani hari esok terisi kembali.

Jempol sendiri terhubung dengan limpa dan perutmu. Akibatnya, jempol memastikan bahwa sel darah merah dan putih kamu tersedia cukup dan perut bisa mencerna makanan lebih cepat.

2. Jari telunjuk.

Jari © 2016 brilio.net

Dengan memijit jari telunjuk, kamu akan memiliki vitalitas dan mampu menaklukkan rasa takut menghadapi esok hari. Jadi, bukan hanya memiliki semangat, namun kamu juga bisa memiliki keinginan kuat menjalani hari esok. Singkat kata, kamu bisa jadi optimis kembali.

Perlu kamu ketahui, jari telunjuk terhubung ke ginjal dan kandung kemih, yang membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan menyeimbangkan air dan zat kimia dalam tubuh.

3. Jari tengah.

jari © 2016 brilio.net

Jari tengahmu terkait dengan kemarahan. Nggak heran orang kalau marah mengacungkan jari tengah, kan? Nah, kalau kamu sedang marah dan merasa kepala mau pecah, cobalah memijit jari tengahmu. Dengan begitu kamu bisa meredakan amarahmu.

Jari tengah memang terhubung ke hati dan kantung empedu. Dengan mencoba memijit jari tengah, maka aliran bisa menormalkan kembali aktivitas kedua organ vital tersebut. Kamu jadi nggak marah lagi, deh.

4. Jari manis.

jari © 2016 brilio.net

Dalam beberapa hal, jari manis mirip dengan ibu jari. Hal ini terkait dengan kesedihan dan sikap negatif yang mengisap energimu. Nah, karena jari manis terhubung dengan paru-paru, maka ketika kamu memijitnya, bisa membuatmu bisa bernapas lega.

Selain itu, memijit jari manis bisa meningkatkan kinerja otot dan sistem sarafmu. Alhasil, kamu jadi nggak stres lagi, kesedihanmu juga berkurang, dan bersemangat melakukan hal positif kembali.

5. Jari kelingking.

jari © 2016 brilio.net

Jari kelingking menyangkut jantungmu. Artinya, dia terkait dengan sirkulasi darah dalam tubuhmu. Dengan memijitnya, maka aliran darahmu akan kembali normal. Hal ini penting banget dilakukan, mengingat jantungmu adalah organ vital yang menyokong pula kinerja organ vital lainnya. Dapat dikatakan, jari kelingking adalah jari terpenting dari jarimu yang lain.

Memijit jari kelingking juga dapat meningkatkan aliran darah ke orak sehingga kamu lebih mudah berpikir dan berkonsentrasi pada hal penting.

6. Telapak tangan.

Tipe jabat tangan © 2016 brilio.net

Stres bukan hanya menyakitimu, tapi juga bisa merugikan hubunganmu dengan orang sekitar. Nah, dengan memijit area telapak tangan ini, akan membuatmu lebih positif dalam berpikir dan berperasaan. Pasalnya, telapak tangan terkait dengan diafragma dan umbikulus (pusar). Jadi, kalau kamu stres atau merasakan perasaan negatif lainnya, kamu bisa memijit telapak tangan untuk merilekskan diri, melancarkan kembali pernapasanmu.

Nah, dari penjelasan di atas, kamu juga bisa menerapkan enam teknik di atas sekaligus. Dengan begitu, kesehatan fisik dan mentalmu akan semakin baik. Kamu pun bukan hanya hidup sehat, tapi juga bahagia. Sudah siap mempraktikkan, sobat Brilio?