Brilio.net - Vertigo adalah salah satu keluhan medis yang paling sering ditemukan. Penderita akan merasakan pusing, sampai dirinya atau sekelilingnya berputar. Dalam kondisi ini biasanya penderita akan mengalami hilangnya keseimbangan sehingga untuk sekadar berdiri atau berjalan saja sangat sulit dilakukan. Selain itu, penderita juga akan merasakan bahwa bagian kepalanya akan terasa sakit, pusing, dan bahkan disertai dengan rasa mual dan ingin muntah.

Vertigo dibagi 2 kondisi yakni berat dan ringan, di mana ringan tidak membuat aktivitas terganggu sedangkan berat memaksa penderita perlu beristirahat penuh. Penanganan vertigo tergantung pada penyebabnya. Vertigo dapat datang secara tiba-tiba tanpa tanda awal. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki riwayat vertigo atau beresiko vertigo, penting untuk mengetahui pertolongan pertama saat terserang vertigo.

Ada dua kategori vertigo. Pertama, vertigo perifer yang terjadi sebagai akibat dari masalah di telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Saraf vestibular menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.

Kedua, vertigo sentral yang terjadi ketika ada masalah di otak, terutama otak kecil. Otak kecil adalah bagian dari otak belakang yang mengontrol koordinasi gerakan dan keseimbangan. Neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere adalah semua kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo.

Lalu bagaimana cara mengatasi vertigo ketika kambuh secara tiba-tiba? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/11).

Loading...

1. Berhenti dan atur napas.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: martaballet.wordpress.com

Jika vertigo tiba-tiba menyerang, maka yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah berhenti dari segala aktivitas yang kamu lakukan. Kemudian atur napas, dengan cara tarik dan hembuskan secara perlahan. Hal ini bertujuan agar peredaran darah yang tersumbat menuju otak kembali lancar. Lakukan hal tersebut minimal 10 detik sejak vertigo menyerang.

2. Jangan menggelengkan kepala.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: howtocure.com

Perlu kamu ketahui ketika vertigo menyerang, jangan pernah menggelengkan kepala karena hal ini akan menambah rasa sakit. Sangat dianjurkan untuk bersandar ditempat yang nyaman, hingga rasa sakit atau pusing perlahan menghilang.

3. Minum air putih hangat.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: elitereaders.com

Jika mersa sudah sedikit nyaman, segera minum air putih hangat. Gunanya untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena vertigo. Lebih baik lagi jik kamu mengonsumsi jahe, karena kandungan pada jahe sangat baik untuk kesehatan.

4. Hirup aroma terapi.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: wowessentialoils.com

Menghirup aroma terapi merupakan salah satu cara untuk meredakan vertigo. Aroma terapi dengan wangi citrus dapat membantu meredakan rasa mual dan pusing saat vertigo menyerang. Namun jika kamu tidak memiliki aroma terapi dengan wangi citrus, kamu bisa menggunakan jenis aroma terapi lainnya.

5. Cara sandaran yang nyaman.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: verywellhealth.com

Ketika vertigo tiba-tiba menyerang, maka yang perlu kamu lakukan adalah bersandar di tempat yang nyaman. Misalnya saja sofa dan lain sebagainya.Buat diri kamu senyaman mungkin sehingga darah yang tersumbat segera mengalir lancar.

6. Lakukan gerakan ringan.

Penyebab vertigo kambuh  Istimewa

foto: timesofindia.indiatimes.com

Ketika rasa sakit sudah mulai reda, selanjutnya kamu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan. Misalnya dengan duduk tegak seperti sedang yoga. Melatih gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Hal ini sangat berguna agar syaraf di kepala lebih aktif dan mencegah kehilangan kesadaran jika terserang vertigo.

Faktor penyebab terjadinya vertigo

Seperti yang diketahui, gejala umum dari vertigo adalah pusing sensasi kepala berputar, dan kehilangan keseimbangan. Gejala tersebut kemudian dapat memicu pengidapnya mengalami mual, muntah, mengeluarkan keringat berlebih, sakit kepala, nistagmus (gerakan mata yang tidak normal), telinga berdengung (tinnitus), dan sensasi merasa akan terjatuh.

Penyebab pada dasarnya tergantung jenis vertigo yang dialami. Namun ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebab vertigo. Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/11).

1. Merokok.

Merokok memang sudah jelas memberikan dampak buruk bagi tubuh. Salah satu penyakit yang disebabkan dari kebiasaan buruk ini adalah vertigo. Pasalnya ketika seseorang kecanduan merokok, maka terkanan darahnya akan terganggu.

2. Mengonsumsi alkohol.

Sama halnya dengan rokok, mengonsumsi alkohol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pecandu alkohol biasanya akan memiliki hasrat kuat untuk selalu mengonsumsinya. Jika dia sedang ingin minum, tetapi tidak bisa, maka dia akan mengalami reaksi tekanan darah. Sehingga menyebabkan kepala pusing.

3. Langsung bangkit saat bangun tidur.

Kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, namun siapa sangka dampaknya cukup buruk untuk kesehatan, salah satunya bisa menyebabkan terjadinya vertigo.

Dalam kondisi bangun tidur dan kamu langsung bergerak secara mendadak atau tiba-tiba, akan terjadi kekakuan pada otot tangan dan kaki. Hal ini kemudian memengaruhi aliran darah menuju otak, sehingga kepala pun terasa pusing berputar-putar.

Sebaiknya, ketika bangun tidur diam sejenak dan kemudian bangkitlah secara perlahan. Kamu juga bisa melakukan sedikit perenggangan tubuh ringan ketika bangun tidur, untuk melemaskan otot-otot.