Brilio.net - Memiliki kulit sehat menjadi impian para kaum Hawa. Mereka pun rela mengeluarkan kocek besar demi perawatan dengan menggunakan berbagai produk kecantikan. Saat ini skincare kerap dijadikan kosmetik untuk kesehatan kulit wajah. Pemakaian produk perawatan wajah dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang berbeda-beda. Bahkan skincare tak hanya digemari oleh wanita tapi juga pria.

Namun ternyata tak mudah untuk menemukan skincare yang cocok untuk kulit wajah. Perlu percobaan berkali-kali agar menemukan produk yang cocok. Saat akan membeli produk skincare, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memperhatikan kandungan yang terdapat dalam skincare tersebut. Sebab saat ini banyak skincare yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Salah satu kandungan yang wajib ada di skincare adalah niacinamide. Niacinamide sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Niacinamide alias niacinamida adalah salah satu bentuk vitamin B3. Jenis vitamin B3 ini juga lebih sering dikenal dengan sebutan niasin. Niacinamida atau niasin kini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis skincare.

Dokter kecantikan dari In Perfection Clinic dr Inne Anastasia mengatakan ada banyak manfaat dan khasiat dari kandungan niacinamide pada skincare. “Manfaatnya banyak sekali untuk kulit. Makanya produk kita, seperti IN Perfection Renewal Cream dan whitening serum mengandung niacinamide untuk mengatasi permasalahan kulit,” ujar Inne kepada media.

Penasaran apa saja manfaat kandungan niacinamide untuk kulit? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari konferensi pers virtual IN Perfection Clinic, Rabu (10/11).

1. Melembapkan kulit

Manfaat niacinamide Freepik

foto: freepik

Manfaat niacinamide yang paling terlihat adalah efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Ketika dioleskan pada kulit, produk kecantikan yang mengandung niacinamida ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat niacinamide Freepik

foto: freepik

Kandungan niacinamide dan skincare mampu mengatasi masalah jerawat. Kandungan vitamin B dalam niacinamide mampu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea itu sendiri adalah penyakit kulit umum yang menyebabkan wajah dan hidung jadi kemerahan.

3. Menyamarkan noda hitam

Manfaat niacinamide Freepik

foto: freepik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan 5 persen niacinamida dapat membantu mencerahkan kulit, lho. Ini karena niacinamida merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

“Tapi hasilnya memang tidak instan. Manfaatnya bisa terlihat setelah rutin menggunakan produk skincare minimal 4 minggu,” kata Inne

4. Mencegah kanker kulit melanoma

Manfaat niacinamide Freepik

foto: freepik

Niacinamida yang berbentuk suplemen terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Atas dasar itulah, para pakar kesehatan berhasil membuktikan bahwa niacinamida ampuh mencegah kanker kulit melanoma.

5. Mengurangi kerutan dan garis harus

Manfaat niacinamide Freepik

foto: freepik

Kerutan dan garis halus adalah sejumlah tanda-tanda kulit mengalami penuaan. Hal ini sebenarnya normal terjadi, tetapi kamu bisa menghambat penuaan dengan memakai produk yang mengandung niacinamide.

Sejumlah eye cream atau face cream yang mengandung niacinamide umumnya menawarkan efek anti-aging untuk menyamarkan garis halus dan kerutan.

(brl/guf)

(brl/guf)