Brilio.net - Jerawat dan komedo membandel memang bikin sebel. Soalnya hal itu berpengaruh ke penampilanmu yang jadi nggak banget. Kalau selama ini kamu sudah pakai beragam cara menghilangkan keduanya tapi nggak berhasil, mungkin bisa coba pil KB. Serius?

Menurut studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, pil KB efektif membersihkan kulit wajahmu, lho. Para peneliti meninjau 32 percobaan terkontrol acak untuk menentukan bagaimana kontrasepsi oral ini dibandingkan dengan antibiotik dan plasebo. Hasilnya dapat dilihat setelah tiga bulan dan enam bulan usai percobaan pertama dimulai.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari laman Women's Health, Rabu (25/5), studi tersebut menemukan bahwa antiobiotik dan kontrasepsi oral lebih baik dalam mengobati jerawat ketimbang plasebo. Peneliti mencermati bahwa pada tiga bulan pertama, antibiotik lebih efektif daripada kontrasepsi oral dalam mengurangi jerawat. Namun memasuki masa enam bulan, kontrasepsi oral lebih baik mengatasi jerawat, sedangkan antibiotik tak lebih bagus ketimbang pada tiga bulan pertama penggunaan. Namun begitu, pada dasarnya kedua metode ini efektif, tapi pil KB mungkin lebih baik membersihkan kulitmu dari waktu ke waktu. Kok, bisa?

"Pil KB meningkatkan protein tertentu dalam darah yang disebut hormon seks pengikat globulin. Kemudian akan mengikat hormon testosteron dalam darah," ujar ahli ob-gyn Alyssa Dweck, salah seorang penulis buku 'V is for Vagina'.

Dweck melanjutkan bahwa semua pil akan menurunkan kesempatan jerawat tumbuh lebih banyak, tapi hanya jenis tertentu saja yang benar-benar efektif mengalami ini ketimbang yang lain. Misalnya saja pil Ortho Tri-Cyclen, Yaz, dan Yasmin bekerja lebih baik dalam mengatasi jerawat karena memiliki jenis tertentu progesteron. Sedangkan pil Loestrin dan LoSeasonique memiliki lebih banyak androgenik ketimbang progesteron sehingga tak terlalu efektif dalam pengobatan jerawat, kendati efektif untuk 'tugas' lain seperti pencegahan kehamilan.

Nah, walaupun pil KB terbukti membantu mengurangi jerawat, tetap saja kamu nggak boleh sembarangan mengonsumsinya. Lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli supaya semuanya aman.