Brilio.net - Menjadi penyanyi profesional tidak semudah yang dibayangkan setiap orang. Selain dituntut untuk memiliki suara yang bagus, setiap penyanyi pun diharuskan mampu menjaga kondisi suara mereka agar tetap prima. Padatnya jadwal manggung dan tuntutan pekerjaan biasanya berdampak buruk pada kondisi pita suara seorang penyanyi. Tak jarang penyanyi yang harus mengalami cidera pita suara akibat kelelahan.

Ya, pita suara jadi aset tersendiri bagi seorang penyanyi. Permasalahan pita suara yang dialami para penyanyi membuatnya harus rela menjalani operasi. Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/5), berikut 9 artis yang ternyata pernah mengalami kerusakan pita suara hingga berakhir di ruang operasi:

1. Adele

Awal tahun 2011 pecinta musik dunia dihebohkan dengan kondisi Adele yang harus menjalani operasi pita suara di Rumah Sakit Massachusetts General, Boston, Amerika Serikat. Kerusakan pita suara pelantun Hello ini bermula dari kelelahan yang dialaminya. Lepas dari operasi Adele sempat vakum dan mulai berkarier kembali pada awal 2014.

2. Meghan Trainor

Seksi, cantik dan bersuara emas begitulah gambaran yang tepat untuk Meghan Trainor. Dia sempat mencuri perhatian dunia melalui single All About That Bass. Lebih jauh, dia mengakui bahwa operasi pita suara bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

3. Sam Smith

Penyanyi yang baru saja memenangkan Piala Oscar pertamanya ini mengakui dirinya pernah mengalami kesulitan dengan pita suara dan harus menjalani operasi pada Mei 2015.

4. Ari Lasso

Mantan vokalis Dewa 19 ini mengalami permasalahan pita suara pada tahun 2009. Fatalnya lagi kerusakan pita suara yang berujung pada operasi itu dialami Ari Lasso menjelang konsernya.

5. Onew SHINee

Salah satu member SHINee, Onew, juga pernah melakukan operasi pita suara. Pengakuan operasi pita suara yang dilakukan Onew disampaikan dalam siaran MBC FM4 FM Date setahun yang lalu.

"Suaranya menjadi lebih baik setelah operasi pita suara. Sudah lama sejak saya melihatnya. Saya sudah berusaha untuk membuatnya berhenti merokok. Saya menyuruhnya untuk berjanji kepada saya dan membuat memenuhinya," ujar Kim Yeon Woo sebagaimana dilansir brilio.net dari Soompi.

Kamu nggak nyangka kan? KLIK NEXT untuk melihat selanjutnya.

2 dari 2 halaman


6. M Shadow Avenged Sevenfold

Vokalis A7X ini pernah mengalami masalah dengan pita suaranya beberapa tahun terakhir. Untungnya kerusakannya tidak begitu parah dan bisa disembuhkan dengan operasi.

7. Indah Maliq and D'essentials

Vokalis cantik Maliq and D'essentials, Indah juga tidak lepas dari kerusakan pita suara. Hal itu membuatnya vakum sementara waktu dan melakukan berbagai pengobatan hingga operasi.

8. Marcell Siahaan.

Tahun 2013 penyanyi yang sering tampil dengan kepala plontos ini melakukan operasi pita suara. Ya, ini dilakukan oleh Marcell demi mencegah kerusakan yang lebih parah dari pita suaranya. Kini kondisinya pun kembali normal.

9. Nathan Sykes

Pendarahan pita suara dialami oleh penyanyi R&B, Nathan Sykes. Karena masalah pita suara tersebut Sykes harus vakum sementara waktu guna melakukan pengobatan pita suara.