Brilio.net - Anak usia sekolah masih dalam masa pertumbuhan. Tentunya diperlukan asupan gizi seimbang untuk menunjang tumbuh kembang dan juga kegiatan sekolahnya.

Sayangnya, anak-anak zaman sekarang tidak semuanya suka dengan makanan sehat. Oleh sebab itu, Spesialis Gizi Klinik, Dian Permatasari mengatakan peran orangtua sangat berpengaruh untuk membuat anak mendapatkan gizi seimbang namun tetap disukai oleh anak-anak.

"Orangtua turut memperhatikan pola makan anak termasuk pemilihan menu bekal sehat sekolah sehat yang terdiri dari makanan selingan, minuman tambahan, dan makan siang," jelasnya saat ditemui media dalam acara Minute Maid Nutriforce Berikan Inspirasi Kebaikan Gizi Bekal Sekolah Anak di Jakarta, Kamis (19/7).

Dian menyarankan kepada para orangtua saat menyiapkan bekal harus ada kerjasama di keluarga, khususnya antara si ibu dan anak.

"Harus ada diskusi antara ibu dan anak. Jadi anak sendiri yang menentukan makanan apa yang akan dibawa untuk bekal di sekolah, dengan begitu anak punya tanggung jawab untuk menghabiskan makanan yang dia pilih," ucapnya.

Selain itu, orangtua juga harus membuat makanan yang bervariasi setiap harinya agar si anak tidak bosan dan mendapat berbagai kandungan gizi dari makanan yang disantapnya.

"Orangtua harus persiapkan bekal anak sesuai dengan jam aktivitas, misal saat jam olahraga anak tidak perlu makan makanan yang terlalu berat namun tetap dapat gizinya," pungkasnya.