Brilio.net - Saat lapar kamu pasti pernah mengalami hal ini. Yakni perut merasa tidak nyaman dan kadang sampai berbunyi mengeluarkan suara. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa itu adalah suara cacing-cacing dalam perut yang sudah kelaparan dan menunggu untuk diasupi makanan. Jadi seperti perut kita ini sedang ternak cacing yang di waktu tertentu meminta jatah makan.

Namun apa sebenarnya gejala medis yang terjadi, saat perut berbunyi dalam keadaan lapar? Dikutip brilio.net, Kamis (5/7) dari tanya jawab konsultasi kesehatan online, Klikdokter, dokter Kartika Mayasari menjawab pertanyaan tersebut dan menjelaskannya dari segi medis. Lulusan Fakultas kedokteran Universitas Airlangga Surabaya ini menuturkan bahwa perut berbunyi tersebut biasanya disebabkan oleh peristalsis usus atau pergerakan usus.

Setiap orang normal pun ternyata memiliki bising usus setiap saat yang berbeda dan meningkat di saat lapar. Ada kondisi di mana bising usus meningkat, yaitu pada keadaan obstruksi usus atau usus tersumbat. Kondisi ini ditandai dengan keluhan tidak bisa BAB, kembung, dan muntah-muntah. Kondisi obstruksi usus membutuhkan penanganan yang segera. "Keluhan masyarakat ketika perut berbunyi karena lapar masih termasuk dalam batas normal," ujar Kartika.

Jadi jika kamu mengalami hal yang sama, maka sebenarnya itu wajar dan bukan bunyi dari cacing perut yang lapar. Melainkan keadaan Peristalsis Usus atau pergerakan usus, di mana setiap orang mengalaminya dan terutama dalam keadaan lapar.

Loading...