Brilio.net - Punya kulit sehat merupakan dambaan setiap orang. Tak heran baik wanita maupun pria rela melakukan perawatan dengan biaya mahal demi bisa tampil menarik dengan kulit wajah yang bersih dan sehat.

Dokter Sari Chairunnisa, SpKK, mengatakan tanda kulit sehat adalah kulit yang tidak berjerawat, menyatakan tanda kulit sehat cukup mudah diidentifikasi, diantaranya tidak ada flek, dan tidak terlalu kering atau berminyak.

Oleh sebab itu harus dilakukan perawatan yang baik. Cara perawatan kulit pun harus sesuai jenis kulit dan usia.

"Pertama harus disesuaikan dengan jenis kulit. Pemakaian produk juga harus rutin dan terus menerus karena jika tidak kulit wajah akan kembali ke kondisi semula, misalnya berminyak atau berjerawat," katanya kepada media belum lama ini.

Selain menggunakan produk kecantikan, Dokter Sari juga menyarankan untuk melakukan langkah perawatan kulit agar lebih sehat dan cerah. Berikut tiga langkah perawatan kulit:

Loading...

1. Pembersihan

Pembersihan kulit masing-masing orang berbeda tergantung dari berapa banyak jenis produk makeup yang dipakai. Misalnya, mereka yang hanya memakai pelembab saja, berbeda proses pembersihan yang harus detail seperti mereka yang memakai makeup penuh sepanjang hari.

2. Pelembaban

Kulit itu bagai dinding rumah yang memiliki sel tipis. Kulit juga memiliki pelembab alami dimana semakin bertambah usia pelembab alami semakin berkurang. Kulit menjadi lebih kering dan berkerut ketika usia bertambah. Karena itulah, semua jenis kulit di usia awal 20 tahunan perlu memakai pelembab untuk menjaga kelembaban alami tersebut agar tidak mudah kering dan keriput.

3. Perlindungan dari sinar matahari

Langkah ini sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang bisa berdampak buruk pada kulit. Biasakan gunakan krim pelindung matahari pada pagi hari sebelum beraktivitas. Apalagi sekarang banyak juga produk kecantikan yang mengandung antisinar UV yang bisa dijadikan alternatif.

Sari juga mengatakan pembersihan wajah harus dilakukan semua orang setiap hari sejak usia kapanpun. Ketika usia menginjak 20 tahun, diperlukan cara pembersihan yang lebih intens untuk menutrisi kulit.