Brilio.net - Stres bisa menjadi masalah yang cukup serius jika tidak segera diatasi. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan mental saja, stres juga dapat menyebabkan kamu jadi mudah terserang penyakit, salah satunya adalah asam lambung.

Apa hubungannya stres dan asam lambung? Untuk lebih memahami kaitan antara stres dan asam lambung, kamu harus ketahui beberapa hal ini. Secara alami, organ lambung bersifat sangat fleksibel dan lentur terhadap kondisi lingkungannya.

Ketika kamu stres dan nafsu makan berkurang, maka lambung akan protes dengan cara mengecil. Organ ini pun akan mengeluarkan asam lambung yang berfungsi sebagai isyarat bahwa perut sedang lapar dan perlu segera diisi.

Jika perut tidak diisi makanan, maka asam hidroklorat (HCL) akan mengikis dinding lambung sehingga terluka dan bisa menyebabkan sakit maag. Nantinya ini yang akan menjadi masalah serius.

Menariknya, lambung juga melakukan respons saat terjadi perubahan kondisi kejiwaan seseorang. Ketika kamu stres, maka lambung juga akan meresponsnya secara negatif. Misalnya saat kamu sedang marah, maka akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh meningkat.

Loading...

Sama halnya ketika kamu sedang bersedih, perut akan berbunyi atau keroncongan, padahal kamu sudah makan. Akhirnya kamu mencari camilan untuk dimakan, segala yang masuk ke tubuh pun tidak terkontrol dengan baik.

Lalu bagaimana cara mengatasi stres dan asam lambung?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/1), berikut cara atasi stres dan asam lambung secara alami.

Kelola stres dengan baik.

Stres merupakan hal yang sangat umum dialami banyak orang, kebanyakan disebabkan dari lingkungan mereka, baik keluarga maupun pekerjaan. Jika stres tidak dikelola dengan baik, maka kamu akan mudah terserang penyakit, karena imun tubuh menjadi lebih.

Cara atasi stress dan asam lambung secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Berikut cara mengendalikan stres yang mudah dilakukan setiap hari:

1. Olahraga.

Olahraga menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi stres. Dengan berolahraga, otot-otot kamu menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. Lakukan olahraga kecil pada pagi atau sore hari.

2. Tidur yang cukup.

Kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah. Misalnya orang menjadi pelupa, tidak bisa konsentrasi dengan baik dan kondisi tubuh pun melemah. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan mudah stres. Oleh karenanya tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

3. Menghirup aromaterapi.

Aroma yang sifatnya menenangkan seperti lavender, rosemary, peppermint, dan vanila juga cocok untuk meredakan stres pada ibu menyusui. Kamu bisa juga menjadikannya sebagai pengharum ruangan.

4. Konsumsi ramuan-ramuan alami.

Kamu bisa mengonsumsi beberapa ramuan alami, seperti wedang jahe, ginseng, dan lainnya. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, kamu juga tidak akan mudah stres.

5. Minum air seduhan daun mint.

Sifat antiinflamasi, antioksidan, dan stimulan sehat yang dimiliki daun mint bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Daun mint juga sangat berguna untuk menyeimbangkan hormon, menurunkan stres, dan mengurangi kecemasan. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin.

6. Konsumsi makanan sehat.

Perlu kamu ketahui bahwa memberikan asupan gizi pada tubuh itu sangat penting. Kamu perlu makan sayur dan buah secara rutin, dan hindari untuk mengonsumsi kafein secara berlebihan. Jika tubuh dijaga dengan baik, maka sangat kecil kemungkinan seseorang mengalami stres.

-

Cara mengatasi asam lambung.

Cara atasi stress dan asam lambung secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Mengatasi asam lambung bisa kamu lakukan secara alami, salah satunya dengan menghindari mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, seperti alkohol, soda, kopi, atau teh secara berlebihan.

Berikut beberapa caranya:

1. Makan lebih teratur

2. Perhatikan porsi makan

3. Mengunyah makanan dengan benar

4. Hindari minum air terlalu banyak ketika makan

5. Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak

6. Batasi asupan cokelat

7. Kurangi minum-minuman berkarbonasi