Brilio.net - Menghabiskan waktu di siang hari seringkali membuat tenaga terkuras. Rasa lapar dan haus kerap muncul setelah beraktivitas. Rasanya menyantap mangga jadi solusi yang tepat untuk mengembalikan energi.

Nggak hanya segar, buah mangga juga mengandung banyak vitamin di dalamnya. Kandungan ini juga menjadi tameng untuk menangkal berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh. Apalagi dengan cuaca yang nggak menentu seperti saat ini, kamu perlu asupan tambahan agar memperkuat imunitas tubuh.

Dari banyaknya kandungan baik dalam mangga, buah ini juga memberikan manfaat pada kesehatanmu. Mulai dari mencegah gangguan penyakit kardiovaskular, mengatur kadar gula darah, mencegah anemia, menjaga berat badan sampai dengan mencegah kanker.

Bahkan manfaat mangga juga bisa memberikan dampak baik untuk tampilanmu lho. Nggak hanya untuk para wanita, kaum adam pun juga bisa merasakan efek positifnya. Pasalnya, perlu diingat bahwa masalah kecantikan dan tampilan nggak hanya datang pada wanita saja bukan?

Yuk simak pejelasan lebih lengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Jumat (11/12) dari healthline.com.

Loading...

-Manfaat mangga.

1. Melindungi dari kerusakan sel.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Mangga adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, buah berdaging kuning ini juga memiliki jenis antioksidan yang disebut mangiferin. Kandungan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kebaikan ini didapatkan dari vitamin E, vitamin A, dan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Tentu hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan kulitmu.

-2. Mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Aktivitas di luar ruangan yang padat akan membuatmu terpapar berbagai polusi. Termasuk juga dengan paparan sinar matahari yang berkemungkinan untuk memberikan beberapa efek negatif pada kulit.

Perlu kamu ketahui, mangga bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Kandungan antioksidan alami pada mangga mampu mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari, dengan mengurangi oksidasi sel kulitmu.

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang ditunjukkan sebuah studi Korea di tahun 2013. Para peneliti menemukan ekstrak mangga memberikan dampak kerutan lebih sedikit pada kulit serta meminimalisir terjadinya kerusakan akibat matahari.

-3. Membantu pembentukan kolagen.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang kamu tahu bahwa mangga adalah salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Nah kamu tahu nggak sih, salah satu fungsi vitamin C adalah membantu untuk produksi kolagen. Kolagen merupakan protein paling umum di kulit dan memberi struktur pada kulitmu.

Peran vitamin C ini sangat penting, karena orang yang tidak mendapatkan vitamin C yang cukup dapat terserang penyakit kudis. Nah jika timbul bekas luka atau kulit bersisik akibat kudis, itu bisa disebabkan karena kurangnya produksi kolagen.

-4. Mengurangi jerawat.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Selain kaya akan kandungan vitamin C, buah mangga juga memiliki vitamin A dalam jumlah tinggi. Peran vitamin A dikenal dapat menyehatkan organ mata. Tapi nggak hanya itu saja lho, orang yang kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat dengan meningkatkan produksi protein keratin tubuh.

Produksi keratin yang berlebihan dapat menyebabkan folikel rambut tersumbat dan kelenjar keringat yang berkembang menjadi jerawat. Nah jadi selain menggunakan skincare untuk mengatasi jerawat, kamu juga bisa merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi mangga.

-5. Menunda penuaan.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Seiring dengan pertambahan usia, kulit juga akan mengalami perubahan. Mungkin kamu merasa tidak memiliki masalah di waktu muda. Namun flek hitam sampai keriput bisa saja terjadi ketika seiring bertambahnya umur. Meski wajar terjadi, namun kamu bisa meminimalisir penuaan dengan mengonsumsi buah mangga.

Vitamin C dan E yang ada pada mangga dapat berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Kedua vitamin ini menjaga dengan berada di dalam sel kulit. Ketika kulit terpapar polusi atau sinar matahari, jumlah vitamin ini berkurang.

Maka dari itu, jika vitamin ini tidak diisi kembali pada tubuh maka kulit akan lebih rentan terhadap berbagai jenis permasalahan kulit dan juga penuaan dini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, vitamin C juga membantu produksi kolagen tubuh. Produksi kolagen yang berkurang akan menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

-6. Meminimalisasi terjadinya kanker.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Polifenol adalah bahan kimia yang secara alami disintesis oleh tumbuhan. Mangga, mengandung polifenol yang disebut mangiferin dan berfungsi sebagai antioksidan. Menariknya, biji,kulit, daun, hingga batang pohon mangga mengandung konsentrasi mangiferin yang tinggi. Dan mangiferin dapat mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker seperti, kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker serviks.

-Cara memanfaatkan mangga untuk kecantikan.

Manfaat mangga untuk kecantikan © freepik.com

foto: freepik.com

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan mangga. Untuk cara yang paling mudah, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung. Rasa yang segar akan mengembalikan lagi energimu. Di samping itu, mangga akan menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi minyak atau ekstrak mangga untuk mendapatkan dosis nutrisi utama yang lebih terkonsentrasi. Penggunaan masker dengan kombinasi mangga juga dilakukan beberapa orang. Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba!